Kelola Dana Haji Khusus, BSM dan Apmhuri Jalin Kerjasama

Kompas.com - 06/03/2014, 14:47 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Syariah Mandiri dan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri) meneken nota kesepahaman untuk pemanfaatan dana optimalisasi haji khusus.

Nota kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari perubahan pengelolaan dana haji khusus oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Hanawijaya, Direktur BSM menuturkan, kerja sama dengan Amphuri itu untuk menyikapi adanya perubahan aturan dari Kemenag atas bagi hasil penempatan dana setoran awal calon jemaah haji khusus, pada rekening deposito di bank syariah.

"Bagi hasil (return) atas penempatan dana deposito itu akan diserahkan kepada penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) yang selanjutnya dapat dikembalikan kepada jemaah," ujarnya ditemui KONTAN usai penandatanganan nota kesepahaman, Kamis (6/3/2014).

Namun, Joko Asmoro, Ketua Umum Amphuri menegaskan, pengembalian dari pengembangan dana haji khusus itu tidak dalam bentuk nilai tunai. Melainkan peningkatan pelayanan haji khusus, seperti pelaksanaan manasik, hotel, embarkasi dan lain sebagainya.

BSM sendiri menindaklanjuti pengelolaan dana haji khusus lewat tabungan umrah bagi jemaah haji. Tabungan ini bisa digunakan untuk menampung return dari penempatan deposito dollar AS Kemenag yang berasal dari setoran awal Badan Penyelenggara ibadah Haji (BPIH). (Christine Novita Nababan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.