Wanita Karier di Indonesia Lebih Berani Minta Promosi Jabatan

Kompas.com - 07/03/2014, 11:52 WIB
ilustrasi Shutterstockilustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan konsultan Accenture merilis hasil riset bahwa wanita karier Indonesia lebih berani meminta promosi jabatan jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

Hasil penelitian menunjukkan 38 persen wanita karier Indonesia telah lebih berani mengajukan promosi bila dibandingkan wanita-wanita karier di Malaysia, yakni 22 persen dan Singapura 16 persen.

Meskipun demikian, persentase di Indonesia lebih rendah dibandingkan negara-negara besar Asia, seperti China sebesar 60 persen dan India 54 persen.

"Memupuk dasar career capital yang kuat telah terbukti berhasil membawa karier para wanita ke jenjang yang lebih tinggi dan membantu mereka memanfaatkan potensi mereka secara maksimal," kata Presiden Direktur PT Bank OCBC NISP Tbk Parwati Surjaudaja di Jakarta, menanggapi hasil riset tersebut, Jumat (7/3/2014).

Career capital adalah kredibilitas di hadapan kolega dan kelompok. Parwati memandang sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui hal ini dan menyediakan lingkungan kerja yang memungkinkan para wanita beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Selain itu, perusahaan juga perlu membekali mereka dengan pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapai tantangan dan memanfaatkan peluang karier.

Hasil survei melaporkan pula bahwa 62 persen wanita karier Indonesia menganggap etika kerja yang tinggi sebagai kontribusi terpenting yang mereka berikan dalam pekerjaan dan tim.

Sementara responden di Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan China menujukkan kondisi di mana efisiensi dalam menyelesaikan tugas lebih diutamakan.

"Menjaga keunggulan kompetitif menjadi hal krusial seiring dengan upaya para profesional mengembangkan karier dan berkontribusi dalam industri yang mereka geluti. Pengembangan profesional sumber daya manusia kita berperan penting dalam membangun Indonesia yang lebih kuat dan kompetitif secara global," ujar Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan pada kesempatan yang sama.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X