Inilah 10 Maskapai dengan Tingkat Keselamatan Terbaik

Kompas.com - 10/03/2014, 11:26 WIB
Pesawat Qantas A330 wikiPesawat Qantas A330
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Kecelakaan yang menimpa Malaysia Airline System (MAS) MH370 pada Sabtu akhir pekan lalu mengingatkan, betapa keselamatan penerbangan menjadi satu hal yang mutlak dalam industri ini.

Terkait dengan isu keselamatan penerbangan, baru-baru ini situs airlineratings.com merilis peringkat maskapai dengan tingkat keselamatan terbaik tahun 2013. Pada situs web tersebut dipublikasikan juga maskapai-maskapai dengan peringkat keselamatan terburuk.

Peringkat teratas maskapai dengan tingkat keselamatan tertinggi diraih oleh Qantas. Airlineratings.com menyatakan, meskipun Qantas dilanda berbagai masalah pada kegiatan operasionalnya, hal itu tidak menimbulkan kecelakaan fatal.

"Lebih dari 93 tahun Qantas menjalankan bisnisnya, maskapai ini mencatatkan rekor yang luar biasa dalam keselamatan operasional," tulis airlineratings.com dalam keterangannya.

Posisi kedua ditempati oleh Air New Zealand (Selandia Baru), kemudian Emirates (Dubai), Etihad (Abu Dhabi), dan Cathay Pacific (Hongkong).

Dalam kesempatan itu juga diranking maskapai-maskapai dengan tingkat keselamatan terburuk. Berbeda dengan maskapai dengan tingkat keselamatan terbaik yang mendapatkan tujuh bintang, maskapai dengan tingkat keselamatan terendah hanya mendapatkan dua bintang dan satu bintang.

Namun celakanya, dari 10 maskapai dengan tingkat keselamatan terburuk, tiga di antaranya ditempati oleh maskapai Indonesia. Berikut adalah peringkat keselamatan penerbangan terbaik versi airlineratings.com yang dikutip pada Senin (10/3/2014):


10 maskapai dengan tingkat keselamatan terbaik
1. Qantas                                  
2. Air New Zealand            
3. Emirates                      
4. Etihad             
5. Cathay Pacific      
6. Singapore Airlines
7. Virgin Atlantic
8. EVA Air
9. All Nippon Airways
10. Royal Jordanian          

10 maskapai dengan tingkat keselamatan terburuk
1. Kam Air                                
2. Scat                                        
3. Bluewing Airlines          
4. Afghan Airways               
5. Daallo Airlines                
6. Eritrean Airlines              
7. Lion Air                         
8. Merpati Airlines              
9. Susi Air                         
10. Air Bagan

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X