Cathay Pacific Catat Lompatan Laba Bersih Sepanjang 2013

Kompas.com - 12/03/2014, 13:44 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Hong Kong, Cathay Pacific, mengumumkan laba bersih yang diraup sepanjang tahun lalu naik tiga kali lipat, menyusul langkah penghematan bahan bakar serta naiknya jumlah penumpang.

Maskapai tersebut menyatakan laba bersih yang berhasil diraup mencapai 2,62 miliar dollar Hong Kong atau 338 juta dollar AS (Rp 3,88 triliun) dari periode setahun sebelumnya 862 juta dollar Hong Kong pada 2012.

Laba bersih itu berasal dari pendapatan perseroan, yang pada akhir 2013 tercatat naik 1,1 persen menjadi 100,5 miliar Hong Kong.

Namun jika dibandingkan dengan laba bersih pada akhir 2011 sebesar 5,5 miliar dollar Hong Kong, angka tersebut mengalami penurunan.

"Kondisi bisnis sepanjang 2013 cukup menantang, sehingga kami terdorong untuk melakukan perbaikan pada seluruh kinerja perusahaan," ujar Chairman Cathay Pacific, Christopher Pratt sebagaimana dikutip Rabu (12/3/2014).

Cathay menyatakan sepanjang tahun lalu berhasil mengangkut sebanyak 30 juta penumpang. Jumlah itu naik 3,3 persen dari tahun sebelumnya. Hal tersebut didorong oleh besarnya permintaan pasar untuk perjalanan wisata dari penduduk Hong Kong dan China.

Namun demikian untuk angkutan cargo, perseroan mencatatkan penurunan, dengan pendapatan turun sebesar 3,6 persen menjadi 23,7 miliar dollar Hong Kong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.