Protes Mereda, Bank of Thailand Pangkas Suku Bunga Acuan

Kompas.com - 12/03/2014, 17:43 WIB
Baht Thailand istBaht Thailand
EditorBambang Priyo Jatmiko

BANGKOK, KOMPAS.com - Bank sentral Thailand memangkas suku bunga acuannya guna mendorong pertumbuhan ekonomi, pasca-demonstrasi besar-besaran anti pemerintah.

Bank of Thailand menurunkan suku bunga acuannya ke posisi terendah dalam tiga tahun terakhir, yaitu sebesar 25 basis poin menjadi 2 persen. Level tersebut sama seperti pada Januari 2011.

Pemangkasan suku bunga acuan tersebut adalah kali keduanya dalam setahun ini, setelah pada Noveber tahun lalu Bank of Thailand menempuh langkah serupa di tengah memanasnya situasi politik di negeri tersebut.

"Penurunan pertumbuhan ekonomi Thailand semakin terlihat, menyusul demonstrasi besar-besaran yang terjadi selama beberapa bulan," ujar bank sentral tersebut, Rabu (12/3/2014).

Pertumbuhan ekonomi Thailand turun secara signifikan pada kuartal IV-2013 menjadi hanya 0,6 persen year on year, dari kuartal sebelumnya di level 2,7 persen.

Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra menghadapi tuntutan agar menggelar pemilihan umum karena dianggap perpanjangan tangan kakaknya yang berada di pengasingan, Taksin Shinawatra.

"Ketidakpastian politik yang cukup lama akan menekan pemulihan konsumsi masyarakat dan investasi. Untuk itu, ekspor secara bertahap harus diperbaiki pada tahun ini," lanjut bank sentral Thailand.



Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X