Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Mereda, Bank of Thailand Pangkas Suku Bunga Acuan

Kompas.com - 12/03/2014, 17:43 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Bank sentral Thailand memangkas suku bunga acuannya guna mendorong pertumbuhan ekonomi, pasca-demonstrasi besar-besaran anti pemerintah.

Bank of Thailand menurunkan suku bunga acuannya ke posisi terendah dalam tiga tahun terakhir, yaitu sebesar 25 basis poin menjadi 2 persen. Level tersebut sama seperti pada Januari 2011.

Pemangkasan suku bunga acuan tersebut adalah kali keduanya dalam setahun ini, setelah pada Noveber tahun lalu Bank of Thailand menempuh langkah serupa di tengah memanasnya situasi politik di negeri tersebut.

"Penurunan pertumbuhan ekonomi Thailand semakin terlihat, menyusul demonstrasi besar-besaran yang terjadi selama beberapa bulan," ujar bank sentral tersebut, Rabu (12/3/2014).

Pertumbuhan ekonomi Thailand turun secara signifikan pada kuartal IV-2013 menjadi hanya 0,6 persen year on year, dari kuartal sebelumnya di level 2,7 persen.

Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra menghadapi tuntutan agar menggelar pemilihan umum karena dianggap perpanjangan tangan kakaknya yang berada di pengasingan, Taksin Shinawatra.

"Ketidakpastian politik yang cukup lama akan menekan pemulihan konsumsi masyarakat dan investasi. Untuk itu, ekspor secara bertahap harus diperbaiki pada tahun ini," lanjut bank sentral Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com