Rel Ganda Utara Jawa Rampung, Selatan Menyusul Dibangun

Kompas.com - 13/03/2014, 07:41 WIB
Ilustrasi rel ganda Antony Lee/KOMPASIlustrasi rel ganda
EditorErlangga Djumena

BLORA, KOMPAS.com - Pembangunan rel ganda kereta api lintas utara Jawa dipastikan rampung akhir Maret 2013. Menyusul pengoperasian jalur Jakarta-Surabaya tersebut pada April nanti, pembangunan rel serupa lintas selatan Jawa pun dikebut dengan anggaran sekitar Rp 9 triliun.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengemukakan hal itu, Rabu (12/3/2014), saat memantau pengalihan rel tunggal ke rel ganda di lintasan Sulur- Wadu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Lintasan tersebut bagian dari segmen Semarang-Bojonegoro. Adapun total jalur lintas utara Jakarta-Surabaya tercatat 727 kilometer. Dengan asumsi kecapatan rata-rata kereta api 100 kilometer per jam, maka penggunaan rel ganda Jakarta-Surabaya kelak bisa menghemat waktu dari 11 menjadi 8 jam.

Menurut Bambang, sebetulnya pada saat merampungkan jalur utara, pihaknya pun secara bertahap telah mengerjakan rel ganda jalur selatan Jawa. Saat ini, rute Cirebon- Purwokerto sudah dalam perampungan. ”Yang sedang berjalan adalah Purwokerto-Kutoarjo, disusul Solo-Madiun-Surabaya,” kata Wamenhub.

Bambang mengungkapkan, jalur ganda selatan Jawa dianggarkan hampir seperti lintas utara, yakni Rp 9 triliun. Sumber anggaran diutamakan dari APBN. Namun, terbuka juga opsi untuk sukuk serta pinjaman dari Jepang dan China.

”Kami harapkan tahun 2016 Trans-Jawa Railway mencakup utara dan selatan sudah rampung,” papar Bambang.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko menyatakan optimistis pembangunan jalur ganda jalur utara tuntas akhir Maret ini. Masalah pembebasan lahan di Semarang dalam penyelesaian. Dengan demikian, pengoperasian secara keseluruhan dari Jakarta ke Surabaya dapat diresmikan pada April mendatang.

”Tidak ada lagi masalah soal lahan. Adapun tahapan pengalihan dari rel tunggal ke ganda sudah mencapai 90 persen,” ujar Haryanto.

Minggu depan, tahapan pengalihan dijadwalkan untuk ruas Wadu-Tobo. Jalur ini dikerjakan paling akhir. (NAR)



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X