Karyawan Panasonic di China Dapat "Tunjangan Polusi"

Kompas.com - 13/03/2014, 14:35 WIB
Warga mengenakan masker, sehubungan dengan polusi udara yang sangat buruk di beberapa kota di China beberapa waktu belakangan ini. AFPWarga mengenakan masker, sehubungan dengan polusi udara yang sangat buruk di beberapa kota di China beberapa waktu belakangan ini.
EditorBambang Priyo Jatmiko

TOKYO, KOMPAS.com - Pabrikan elektronik Jepang, Panasonic, memberikan kompensasi bagi ekspatriatnya yang bekerja di China, sehubungan dengan terjadinya polusi udara di negara tersebut.

Hal itu menjadikan lantas menjadikan Panasonic sebagai perusahaan internasional pertama yang memberikan kompensasi bagi karyawannya karena terjadinya polusi udara.

Kebijakan yang diambil Panasonic itu merupakan sebuah hasil kesepakatan juga melibatkan para pekerja Jepang yang berkarya di berbagai perusahaan besar seperti panasonic dan Toyota. Dalam pertemuan tahunan, para pekerja Jepang mendesak berbagai perusahaan peduli terhadap isu-su yang dihadapi oleh para pekerja, termasuk perpajakan dan perlambatan ekonomi.

Sementara itu, juru bicara Panasonic membenarkan bahwa perusahaannya memberikan tambahan pembayaran bagi ekspatriatnya yang bekerja di China. Namun, dia tidak menyebutkan lebih lanjut mengenai jumlah pekerja dan kriteria pekerja yang akan mendapatkan tunjangan polusi itu.

Selama ini, tunjangan polusi menjadi sesuatu yang tak biasa di kalangan pekerja asing. Namun Panasonic percaya hal itu akan menjadikan perusahaannya sebagai pionir pembayaran tunjangan tersebut.

Sementara itu, sebuah dokumen yang beredar di kalangan pekerja menyebutkan bahwa Panasonic memberikan pembayaran premium bagi ekspatriat yang berada di lingkungan yang kurang baik. Untuk itu, perseroan akan melakukan peninjauan kepada para pekerja yang dikirim ke China.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber AFP
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X