Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembus Rekor, Miliarder AS Bertambah 640.000 Orang

Kompas.com - 14/03/2014, 10:51 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Perekonomian AS menunjukkan tanda-tanda pulih. Setidaknya, inilah yang dirasakan oleh para miliarder AS.

Hasil studi dari Spectrem Group, jumlah miliarder di AS bertambah hingga 7 persen atau 640.000 orang menjadi 9,63 juta pada tahun lalu. Hal ini menandakan jumlah miliarder AS menembus rekor tertinggi sejak Spectrem mulai merilis data ini pada 1997 silam.

Ini juga merupakan pertama kalinya populasi miliarder AS berhasil melampaui jumlah miliarder sebelum terjadinya krisis pada 2007 lalu yang mencapai 9,2 juta orang.

Data yang sama menunjukkan, jumlah rumah tangga yang bernilai 5 juta dollar AS atau lebih juga melampaui data sebelum terjadinya krisis untuk kali pertama, dengan naik 100.000 menjadi 1,24 juta rumah tangga. Sedangkan jumlah rumah tangga yang bernilai 25 juta dollar AS atau lebih naik sebesar 15.000 menjadi 132.000 rumah tangga.

"Jika bicara mengenai investor tajir, dapat dikatakan bahwa mereka pada akhirnya sudah mulai pulih dari penurunan ekonomi," jelas Spectrem Group President George H Walper Jr.

Meski demikian, jumlah rumah tangga yang bernilai  500.000 dollar AS belum pulih benar. Hal itu dapat diketahui dari perbandingan jumlah rumah tangga 500.000 dollar AS saat ini dengan masa sebelum krisis.(Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com