Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Klaim sebagai Bank Paling Menguntungkan

Kompas.com - 17/03/2014, 11:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengklaim pihaknya sebagai bank paling menguntungkan alias profitable. Sehingga, bank ini menjadi daya tarik tersendiri bagi investor. Sebagai informasi, perbankan Indonesia memiliki kinerja keuangan di atas industri keuangan dunia, dilihat dari return on assets (ROA) dan return on equity (ROE).

ROA adalah rasio keuntungan bersih setelah pajak yang dihasilkan dibandingkan dengan aset yang dimiliki perusahaan, sementara ROE adalah rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih yang dikaitkan dengan modal perusahaan.

"Kalau dibandingkan dengan kinerja keuangan perbankan nasional, BRI merupakan bank paling menguntungkan. ROE BRI mencapai 34,11 persen, dan ROA 5,03 persen, jauh di atas rata-rata nasional," kata Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (16/3/2014).

Adapun rasio biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) perseroan tercatat sebesar 60,58 persen, juga menjadi kontributor bagi tingginya profitabilitas BRI. Terlebih lagi rasio kredit bermasalah di BRI juga relatif rendah, hanya 1,55 persen NPL gross (non performing loan) dan 0,31 persen nett.

“Visi BRI itu jelas dan sangat kuat membangun ekonomi berbasis kerakyatan sampai ke pelosok desa dan membantu program-program pembangunan,” ujar Ali.

Informasi saja, ROA perbankan di Indonesia jauh lebih baik dibanding ROA rata-rata perbankan dunia. Di Amerika Serikat, rata-rata ROA perbankan mencapai 1,60 persen, Eropa 1,00 persen, dan Asia Pasifik 1,33 persen. Sedangkan ROA perbankan Indonesia mencapai 2,50 persen.

Sementara itu, rata-rata ROE perbankan di Indonesia mencapai 19,90 persen. Persentase tersebut berada jauh di atas posisi perbankan di Amerika Serikat yang mencapai 13,60 persen, Eropa 11,80 persen dan Asia Pasifik 15,96 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com