Kadin Minta Insentif Pajak Bagi Perusahaan yang "Go Public"

Kompas.com - 18/03/2014, 15:52 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto ESTU SURYOWATIKetua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Suryo Bambang Sulisto meminta pemerintah memberikan insentif pajak bagi perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesoa (BEI).

Menurutnya, kebijakan insentif seperti ini dapat menjadi tambahan daya tarik perusahaan untuk masuk ke pasar modal. Dia menyatakan Kadin memiliki banyak potensi perusahaan anggotanya untuk menjadi emiten baru di BEI.

"Kalau mau cari calon emiten, Kadin salah satu sumber yang bisa di-approach. Karena sesuai undang-undang, setiap perusahaan harus menjadi anggota Kadin, kecuali yang BUMN ya," kata Suryo di Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Suryo menjelaskan, pada dasarnya perusahaan-perusahaan anggota Kadin sangat potensial menjadi emiten baru. Akan tetapi, hal yang terpenting adalah edukasi, sosialisasi, dan penyuluhan yang diberikan kepada para anggota Kadin.

"Yang penting edukasi, penyuluhan kepada kami yang swasta ini. Banyak yang belum betul-betul memahami manfaat pasar modal. Perlu kita ketahui apakah ada insentif-insentif khusus yang bisa didapatkan secara fiskal maupun moneter bagi perusahaan yang masuk pasar modal," ujar dia.

Lebih lanjut, Suryo mengatakan pada dasarnya manfaat yang dapat diraih perusahaan dengan terdaftar di BEI adalah memiliki kepastian permodalan. Namun demikian, masih banyak perusahaan yang belum memahami manfaat tersebut.

"Kalau ada penyuluhan yang lebih friendly. Manfaat yang paling jelas adalah untuk pendanaan jangka panjang. Sekarang kan makin susah untuk cari pinjaman. Ini kan solusi yang menarik, tapi banyak yang belum paham," jelas Suryo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X