Asuransi China Siap Bayar Klaim Penumpang Malaysia Airlines

Kompas.com - 19/03/2014, 13:16 WIB
Seorang wanita yang diduga keluarga penumpang Malaysia Airlines MH370 terduduk dan menangis di Beijing Airport setelah mendengar berita tentang hilangnya pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines, Sabtu (8/3/2014). AFP PHOTO/MARK RALSTONSeorang wanita yang diduga keluarga penumpang Malaysia Airlines MH370 terduduk dan menangis di Beijing Airport setelah mendengar berita tentang hilangnya pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines, Sabtu (8/3/2014).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BEIJING, KOMPAS.com — Sekitar 18 perusahaan asuransi yang beroperasi di China menyatakan bahwa 103 dari penumpang Malaysia Airlines (MAS) yang masih hilang merupakan nasabah mereka.

Mengutip situs asuransi Asia, asiainsurancereview.com, perusahaan asuransi Ping An memperkirakan, mereka harus membayar klaim hingga 5,04 juta yuan atau sekitar 820.000 dollar AS. Sementara itu, Taikang sebesar 4,5 juta yuan dan Singfor Life 500.000 yuan.

Sunshine Insurance menyatakan, mereka telah mempersiapkan dana sebesar 10 juta yuan untuk membayar setiap penumpang yang diasuransikan sebesar 50.000 yuan.

Akhir pekan lalu, perusahaan-perusahaan asuransi China sudah mulai mengecek apakah ada di antara para penumpang pesawat yang merupakan nasabah mereka.

Komisi Asuransi China selaku regulator industri asuransi negara itu telah mengeluarkan edaran pada hari yang sama. Mereka meminta perusahaan asuransi membentuk sistem pelayanan 24 jam dan memastikan apakah para penumpang itu merupakan nasabah mereka.

Regulator juga meminta perusahaan asuransi untuk mengontak penerima manfaat dan mempersiapkan pengajuan klaim. Sementara itu, para pejabat MAS masih fokus mencari pesawat yang hilang, dan sejauh ini belum membicarakan tentang kompensasi dan asuransi bagi para penumpang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X