PGN Teken Perjanjian Penjualan Gas untuk 17 Pelanggan Industri

Kompas.com - 19/03/2014, 15:44 WIB
Jaringan pipa gas. Perusahaan Gas Negara (PGN)Jaringan pipa gas.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menandatangani pasokan gas dengan 17 pelanggan baru sektor industri di wilayah Tangerang, Banten.

Direktur Pengusahaan PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, pelanggan baru tersebut akan menerima pasokan gas dengan total volume 550.000 m3 per bulan selama lima tahun. Penandatanganan perjanjian jual beli gas (PJBG) dengan 17 pelanggan baru itu dilakukan PGN SBU Distribusi Wilayah I Area Tangerang, Rabu.

"Tahun ini akan ada lagi 19 pelanggan lain sektor industri di Tangerang yang akan mendapatkan aliran gas PGN," ujar Jobi dalam keterangan resminya, Rabu (19/3/2014).

Dia mengatakan, penyediaan gas untuk industri menjadi bukti komitmen dan konsistensi PGN merealisasikan program konversi minyak ke gas yang diamanatkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejak 2012.

"Sebagai BUMN yang lebih dari 48 tahun membangun infrastruktur dan mendistribusikan gas bumi di Indonesia, PGN akan terus berusaha memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat, termasuk sektor industri. Pemanfaatan gas bumi yang efisien, ramah lingkungan, dan aman terbukti berhasil mendorong daya saing sektor industri nasional terus meningkat," jelasnya.

Dia menambahkan, program penyaluran gas bumi ke sektor industri juga merupakan langkah yang tepat untuk terus memperkuat perekonomian daerah.

Melalui pemanfaatan gas bumi, industri akan mendapatkan banyak manfaat seperti penghematan biaya energi, peningkatan kualitas pembakaran, dan biaya pemeliharaan produksi yang lebih ekonomis.

Industri juga akan mendapatkan kemudahan penanganan, karena pasokan gas bumi tidak memerlukan tempat penyimpanan serta tidak adanya limbah B3 yang dihasilkan.

Sektor industri di Tangerang yang selama ini menggunakan bahan bakar minyak dan berpotensi beralih ke gas bumi cukup banyak di antaranya keramik, gelas, baja, makanan, kimia, dan tekstil.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X