The Fed Coret Angka Pengangguran dari Faktor "Penentu" Suku Bunga

Kompas.com - 20/03/2014, 04:30 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorPalupi Annisa Auliani

WASHINGTON, KOMPAS.com — Bank Sentral Amerika Serikat tak lagi memasukkan target angka pengangguran tertentu untuk menentukan perubahan suku bunga acuan. Meski demikian, informasi luas di pasar kerja, angka inflasi, dan ekonomi tetap mereka pantau.

The Fed berencana menaikkan suku bunga acuan dari level rekor terendah, bila memungkinkan. Kucuran stimulus pun mereka pangkas lebih banyak, dari 10 miliar dollar AS menjadi 55 miliar dollar AS, dengan keyakinan pasar tenaga kerja mampu mendukung perbaikan ekonomi.

Target angka pengangguran tak lagi menjadi pertimbangan untuk menentukan kapan perubahan suku bunga acuan dilakukan. Gubernur The Fed Janet Yellen mengatakan, angka pengangguran tersebut dapat melebih-lebihkan kesehatan pasar kerja. Dia mencontohkan kondisi dalam beberapa bulan terakhir yang tak terjadi perubahan signifikan pada angka pengangguran.

Menurut Yellen, angka pengangguran tak berubah signifikan karena orang berhenti mencari pekerjaan sekalipun pasar tenaga kerja terus menawarkan lowongan. Padahal, ujar dia, begitu seseorang berhenti mencari pekerjaan maka dia tak bisa lagi dihitung sebagai pengangguran dan mengurangi angka pengangguran.

Suku bunga acuan The Fed (Fed rate), mendekati nol sejak lebih dari lima tahun ini dan tak beranjak dari angka itu. Sebelumnya mayoritas analis memperkirakan kenaikan suku bunga acuan baru akan terjadi para rentang pertengahan hingga akhir 2015.

The Fed, Rabu (19/3/2014), juga mengoreksi target pertumbuhan ekonomi Amerika pada tahun ini. Mereka memperkirakan pertumbuhan ekonomi berkisar antara 2,8 persen hingga 3 persen, sedikit melambat dari perkiraan pada Desember 2013 yang memperkirakan rentang 2,8 persen hingga 3,2 persen.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X