Pemerintahan Baru Jangan Bulan Madu Lama-lama

Kompas.com - 22/03/2014, 16:06 WIB
Sandiaga Uno KOMPAS.com/ICHA RASTIKASandiaga Uno
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa bulan mendatang, Indonesia akan memiliki presiden dan pemerintahan baru. Pengusaha Sandiaga S Uno mengatakan pemerintahan yang baru nanti harus bertindak cepat baik dari sisi kebijakan maupun implementasinya.

"Saya rasa mungkin honeymoon period-nya sangat pendek. Jadi kebijakan pemerintah baru harus cepat. Kebijakan ekonomi ya," kata Sandiaga di Jakarta, Jumat (21/3/2014).

Sandiaga menyebut, ada dua masalah utama yang harus ditangani dengan cepat oleh pemerintahan baru nanti. Masalah utama menurutnya jelas adalah masalah infrastruktur. Pemerintahan baru harus melanjutkan berbagai proyek infratsruktur yang sedang dan akan berjalan sekaligus bertanggung jawab atas pembangunan proyek-proyek infrastruktur lainnya.

"Kedua adalah harus mengubah reformasi sistem ketenagakerjaan kita, sehingga manufacturing balik lagi. Kalau manufacturing balik lagi akan menciptakan 2 hingga 3 juta new employment," ujarnya.

Bila pada nantinya sektor manufaktur Indonesia mengalami pertumbuhan secara signifikan, maka Indonesia akan menangkap peluang dari China. Saat ini China dinilai sudah tidak lagi kompetitif, karena tingginya harga-harga dan upah tenaga kerja.

"Indonesia bisa masuk (ke sektor ini), makanya kita bangun manufacturing. Ini harus dijalankan di 3 bulan pertama. Kebijakan efektif di 3 bulan pertama, setelah itu balik lagi ke masalah yang klasik," jelasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X