Kompas.com - 22/03/2014, 17:16 WIB
Wamenkeu Bambang PS Brodjonegoro Fransiskus Simbolon/KONTANWamenkeu Bambang PS Brodjonegoro
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini Indonesia telah keluar dari negara berpendapatan rendah menjadi negara berpendapatan menengah. Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, kunci utama transformasi dari negara miskin ke negara maju ada di sumber daya manusia (SDM).

"Kalau kita lihat, negara yang transformasi dari negara miskin ke negara maju kuncinya ada di SDM. Kita harus mengubah pendorong ekonomi tidak lagi sumber daya alam, tapi SDM," kata Bambang di Jakarta, Sabtu (22/3/2014).

Berbicara tentang SDM untuk mendorong ekonomi, lanjut Bambang, tidak hanya membutuhkan jumlah. Saat ini diakuinya jumlah penduduk Indonesia yang mencapai hampir 250 juta orang memang jumlah yang besar, menjadikan Indonesia negara berpenduduk terbesar keempat di dunia.

"Jumlah 250 juta itu bisa jadi aset sekaligus beban. Kalau kualitas penduduknya memenuhi syarat, jumlah penduduk sebanyak 250 juta itu hal yang sangat bagus," ujar Bambang.

Bambang mengharapkan, ke depan Indonesia memiliki SDM yang berpendidikan cukup sesuai kebutuhan negara. Berpendidikan cukup tersebut, tidak harus memiliki pendidikan tinggi hingga jenjang doktoral, namun dapat memenuhi kebutuhan di negara.

"Contohnya adalah Amerika Serikat yang jumlah penduduknya juga sangat besar. Jumlah penduduk sebanyak itu hampir seluruhnya berkualitas, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar. Lihat saja AS sekarang sudah menjadi negara besar, superpower, dengan SDM yang berkualitas," kata dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.