Kembangkan Bisnis, Starbucks Gandeng Oprah Luncurkan Teh

Kompas.com - 22/03/2014, 20:03 WIB
Starbucks Starbucks
|
EditorErlangga Djumena

SEATTLE, KOMPAS.com - Starbucks menggandeng selebriti untuk menggenjot lini bisnis tehnya. Kali ini Starbucks mengajak presenter televisi ternama Oprah Winfrey meluncurkan varian teh baru bernama "Oprah Chai." Oprah dan CEO Starbucks Howard Schultz meluncurkan varian teh baru tersebut Rabu (19/3/2014) lalu.

Oprah Chai akan mulai dipasarkan di gerai-gerai Starbucks dan Teavana di AS dan Kanada pada 29 April 2014 mendatang. Starbucks yang merupakan waralaba kedai kopi terbesar dunia sedang mengoptimalkan varian teh guna mendorong penjualan. Ini terkait persaingan ketat di bisnis kopi dan terus berkembang ke pasar global.

"Kami akan meningkatkan pengalaman minum teh sama seperti yang kita lakukan dengan kopi. Bermitra dengan Oprah adalah langkah kuat dalam mencapai cita-cita ini," kata Schultz seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (22/3/2014).

Starbucks mengaku Oprah meracik varian teh baru dibantu pakar teh Teavana Naoko Tsunoda. Sementara itu, Oprah yang merupakan pecinta teh mengatakan selera tehnya cenderung mengandung rempah-rempah dan agak pekat.

Oprah Chai adalah campuran teh dengan kayumanis, jahe, cardamom, dan cengkeh. Oprah Chai akan dijual dalam kemasan kaleng atau disajikan sebagai tea latte.

Adapun untuk setiap produk Oprah Chai yang terjual di gerai Tevana, Starbucks akan mendonasikan kepada Oprah Winfrey Leadership Academy Foundation untuk membantu pendidikan remaja.

Asosiasi Teh Amerika Serikat melaporkan teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air putih. Teh memang minuman terpopuler, tetapi dalam hal penjualan, kopi menjadi rajanya.

Lembaga riset Euromonitor International melaporkan penjualan kopi ritel global mencapai 75,7 miliar dollar AS pada tahun 2012 dibandingkan teh yang mencapai 40,7 miliar dollar AS. Starbucks mengakuisisi jaringan gerai teh Teavana Holdings Inc pada tahun 2012 dengan nilai 620 juta dollar AS, tercatat sebagai akuisisi terbesar Starbucks.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X