Kerja Sama E-Filing, BRI Berharap SPT Lebih Transparan

Kompas.com - 24/03/2014, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengembangkan aplikasi pelaporan surat pemberitahuan (SPT) melalui E-Filing yang terhubung langsung dengan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak).

Direktur Utama BRI Sofyan Basyir berharap kerja sama ini dapat membantu pelaporan SPT lebih transparan. Menurut Sofyan, pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semua orang diwajibkan bayar pajak. Wajib pajak bertanggung jawab atas keberlangsungan pembangunan negara.

"Menurut data World Bank, penduduk Indonesia mencapai 246 juta pada tahun 2012. Dari jumlah itu, minimal 25 persen atau 61,5 juta orang telah memenuhi syarat sebagai wajib pajak. Ini peluang kerja sama BRI dengan Ditjen Pajak sebagai ASP (application service provider atau penyedia layanan aplikasi) SPT," kata Sofyan di Jakarta, Senin (24/3/2014).

Sofyan mengungkapkan, layanan E-Filing ini akan dikembangkan untuk melayani masyarakat umum dan nasabah BRI yang mencapai 48 juta nasabah di seluruh Indonesia.

"Dengan E-Filing, pelaporan SPT dapat dilakukan secara online, cepat, dan murah. Bagi Ditjen Pajak, data pelaporan SPT akan lebih akurat dan real time sehingga bisa dikelola lebih transparan," ujar dia.

Dalam pelayanan E-Filing ini, lanjut Sofyan, perseroan memanfaatkan teknologi terkini berbasis web yang dapat mengelola 50 juta transaksi per hari. Dengan memanfaatkan jaringan kerja BRI, masyarakat nantinya diharapkan dapat mudah mengakses E-Filing dan mengurangi beban server Ditjen Pajak.

"Kami berharap kerja sama ini akan baik dan berkelanjutan sehingga kita akan bisa membantu negara," kata Sofyan.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X