Lantik Pejabat Eselon II, Menkeu Ingatkan Berbagai Tantangan Ekonomi

Kompas.com - 24/03/2014, 19:06 WIB
Menteri Keuangan M Chatib Basri Kompas/Priyombodo Menteri Keuangan M Chatib Basri
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) M Chatib Basri hari ini melantik 18 orang pejabat eselon II Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dalam acara pelantikan tersebut, Chatib mengingatkan para pejabat eselon II yang baru tentang berbagai tantangan ekonomi yang dihadapi.

Chatib melantik enam orang pejabat eseoon II dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Anggaran, sepuluh orang dari Ditjen Perbendaharaan Negara, dan dua orang pejabat eselon II Badan Kebijakan Fiskal (BKF).

"Ini adalah bentuk penghargaan atas kinerja saudara-saudari selama ini. Saya mengingatkan tahun 2014 bukan tahun yang mudah. Ada beberapa hal yang jadi tantangan di lingkungan Kementerian Keuangan," kata Chatib di kantornya, Senin (24/3/2014).

Salah satu tantangan yang dihadapi adalah terkait dampak risiko ekonomi akibat berbagai kebijakan eksternal maupun situasi internal. Tahun 2014, kata Chatib, merupakan era baru yang ditandai berakhirnya periode dana murah alias easy money.

"Tahun 2009 sampai 2012 kita cukup beruntung dalam kondisi arus modal mengalir ke negara berkembang termasuk Indonesia. Ini tercermin dalam tekanan fiskal yang relatif mudah dihadapi di tahun 2009 sampai 2012," ujar dia.

Dengan adanya berbagai tekanan yang terjadi pada tahun 2013 lalu, upaya dalam menjaga risiko fiskal menjadi tidak mudah. Ini lantaran terjadi tekanan terhadap nilai tukar rupiah, lifting produksi minyak, dan hal-hal seperti menurunnya harga komoditas dan kurangnya penerimaan dari sisi pajak.

"Kami menilai saudara-saudari mampu bertugas di tempat yang baru dengan sebaik-baiknya dan terus dapat berprestasi dengan baik," kata Chatib.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X