BNI Gandeng Telkom Bidik Bisnis Perbankan di Myanmar

Kompas.com - 25/03/2014, 08:08 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTCOK.COMIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk menggandeng PT Telkom Indonesia membagi ilmu praktik bisnis perbankan di Myanmar. Dengan transfer ilmu pengetahuan ini pula, nantinya kedua BUMN tersebut berharap dapat menangkap peluang bisnis perbankan di negara itu.

Telkom merupakan mitra bisnis BNI yang berperan mendukung infrastruktur IT dan jaringan BNI. Selain itu, Telkom juga mendukung infrastruktur jaringan perbankan BNI yang mempunyai cabang di luar negeri melalui layanan Telkom International Link.

"BNI bekerjasama dengan Kementerian Keuangan RI, KBRI Yangon, Central Bank of Myanmar dan bersinergi dengan Telkom. Sinergi ini sangat dibutuhkan karena pemerintah Indonesia saat ini giat mendorong BUMN untuk melakukan eksplorasi bisnis di luar negeri termasuk di Myanmar," kata Direktur Tresuri dan FI BNI Suwoko Singoastro dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (24/3/2014).

Oleh karena itu, BNI bersama Telkom ingin menjajaki peluang bisnis melalui ajang berbagi pengalaman dalam memberikan layanan dan produk perbankan kepada Myanmar. Dua BUMN itu mengundang 10 bank lokal terkemuka di kota Yangon, Myanmar, dengan materi diskusi tentang bidang teknologi perbankan.

“Kami akan mengundang bank-bank Myanmar untuk berkunjung ke Kantor Pusat kami di Jakarta, seperti yang sudah kami lakukan sebelumnya dengan bank-bank Jepang yang telah melakukan kunjungan ke Indonesia, khususnya BNI untuk bertemu para investor yang difasilitasi oleh BNI,” katanya.

Melalui program itu, BNI ingin berbagi pemahaman dan keahlian membangun jaringan distribusi dan teknologi e-banking kepada perbankan Myanmar. Program ini merupakan salah satu bentuk kerjasama Pemerintah RI dan Myanmar yang ditindaklanjuti oleh BUMN Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X