Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Jatuh ke Level Terendah 5 Pekan

Kompas.com - 25/03/2014, 08:18 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange pada Senin (24/3/2014) sore waktu setempat (Selasa pagi WIB) berakhir jatuh ke tingkat terendah sejak 13 Februari.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April ditutup turun 24,8 dollar AS atau 1,86 persen pada 1.311,2 dollar AS per ounce.

Analis pasar menunjuk aksi ambil untung sebagai faktor utama di balik penurunan harga emas pada Senin. Emas telah mengalami kenaikan yang kuat dan memperoleh keuntungan sekitar sembilan persen sejauh tahun ini, dibandingkan jatuh 28 persen pada 2013, penurunan tahunan terbesar sejak 1984.

Investor juga bertaruh pada kenaikan suku bunga di AS pada awal tahun depan, yang bisa meningkatkan kurs dollar AS dan meredam pembelian emas yang berdenominasi dollar AS.

Emas menunjukkan sedikit reaksi ketika data ekonomi yang dirilis Senin menunjukkan bahwa data awal indeks pembelian manajer (PMI) Markit untuk AS turun menjadi 55,5 pada Maret dari 57,1 pada Februari. Angka PMI di atas 50 menunjukkan pertumbuhan.

Namun demikian, para spekulan keuangan menilai prospek emas tetap ada pada tren bullish.

Sementara perak untuk pengiriman Mei kehilangan 24,3 sen atau 1,2 persen menjadi ditutup pada 20,067 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April merosot 4,8 dollar AS atau 0,33 persen menjadi berakhir pada 1.431,2 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com