Pemerintah Kembangkan Bandara dengan Konsep Green Airport

Kompas.com - 25/03/2014, 10:06 WIB
Bandara soekarno-hatta KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENABandara soekarno-hatta
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai upaya mengurangi kepadatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, pemerintah akan membangun bandara baru di timur Jakarta. Konsep bandara yang akan dibangun tersebut akan menggunakan konsep green airport yang ramah terhadap lingkungan disekitarnya.

“Kita harus lihat dari sisi sawah-sawah produktif tidak terganggu, karena yang akan dibangun ini kan green airport. Apa itu green airport? Ya kaidah-kaidah mengenai lingkungannya akan kuat disitu. Misalkan airnya bisa dipakai lagi, dan disitu disediakan Biofuel, artinya bahan bakar yang digunakan ramah lingkungan,” ujar Bambang Susantono, Wakil Menteri Perhubungan, di Jakarta, Senin malam (24/3/2014).

Menurut Bambang, selain konsep green airport yang akan dikembangkan pada bandara tersebut, kapasitas bandara juga akan mendapat perhatian. Pasalnya tujuan utama pembangunan bandara tersebut adalah mengurangi kepadatan penerbagan di Bandara Soekarno-Hatta.

Oleh karena itu kapasitas bandara akan lebih besar dari bandara Soekarno-Hatta sehingga mampu menampung 90 juta penumpang per tahun. “ Lebih besar dari Soekerno-Hatta, dari sisi size dia harus lebih mampu menampung sampai dengan 90 juta penumpang per tahun,” katanya.

Rencananya, bandara tersebut akan dibangun di wilayah selatan Karawang, Jawa Barat. Kajiannya sedang dilakukan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) sebagai konsultan resmi yang ditujuk pemerintah.

Pembangunan bandara tersebut, menurut Bambang kan dilakukan dilahan milik perhutani. “Kalo gak salah lokasi tanahnya punya Perhutani, sekitar dua per tiga atau 70 persennya milik Perhutani,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X