Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom: Defisit Neraca Berjalan Harus Diturunkan Sebelum 2015

Kompas.com - 25/03/2014, 21:14 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Bank Standard Chartered Fauzi Ichsan memperkirakan, secara bertahap The Fed bakal mengurangi pembelian surat utang negara (SUN) serta obligasi pemerintah, dan berakhir pada September-Oktober 2014 ini.

Enam bulan setelah itu, sekitar Juni 2015, diperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga. Hal ini akan berdampak terhadap arus dana keluar (capital outflow).

"Ada dampaknya. Indonesia memiliki kesempatan untuk menurunkan current account deficit (CAD) sampai paruh kedua 2015. Karena pada saat suku bunga jangka pendek AS mulai naik tajam, otomatis negara-negara yang CAD nya besar dan membutuhkan investor global akan rentan kena capital flight," jelas Fauzi, di Jakarta, Selasa (25/3/2014).

Kendati demikian, Fauzi menilai,defisit transaksi berjalan Indonesia pada tahun ini lebih kecil dibanding tahun lalu. Sebagai informasi, tahun ini pemerintah menargetkan defisit transaksi berjalan sebesar 2,5 persen, turun dibanding tahun lalu di level 3,3 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

"Otomatis dampaknya tidak akan terlalu besar. Apalagi kalau Bank Indonesia siap menaikkan BI rate lagi," ujarnya.

Fauzi memperkirakan, pada triwulan II dan III pada tahun ini akan terjadi penaikkan suku bunga acuan BI. Ia memprediksi, BI rate tahun ini bakal bertengger di level 8 persen (naik 50 basis poin).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com