Pra-Studi Kelayakan Smelter Antam-Freeport Rampung Bulan Depan

Kompas.com - 26/03/2014, 19:13 WIB
Ilustrasi kantor Antam Daniel Prabowo/KONTANIlustrasi kantor Antam
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pembangunan pabrik pemurnian bijih mineral (smelter) antara PT Antam Tbk, dan PT Freeport Indonesia masih dalam tahap pra-studi kelayakan. Diharapkan bulan depan hasil studi tersebut bisa diketahui hasilnya.

"Kami memang sudah tandatangan dengan Freeport. Tahap awal itu adalah pre-feasibility study. Sekarang baru dievaluasi," kata Direktur Utama Antam, Tato Miraza, di kantornya, Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Tato mengatakan, perseroan menargetkan evaluasi pre studi kelayakan sudah bisa diketahui hasilnya pada April 2014. Sebelumnya, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo, mengatakan Freeport bersama-sama dengan Antam membangun smelter.

Undang-undang No. 4 tahun 2009 mewajibkan adanya peningkatan nilai tambah. Perusahaan tambang besar diharapkan membangun smelter. Menko Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, pekan lalu, mengatakan, Freeport bersedia membangun smelter. Namun, Freeport menawarkan skema public private partnership kepada pemerintah.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X