Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danamon Siap Pasang Cip di Kartu Debit

Kompas.com - 27/03/2014, 09:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk menyatakan kesiapannya memasang cip di seluruh kartu debitnya terkait imbauan Bank Indonesia (BI).  Perseroan akan membangun sistem terkait sebelum melakukan pemasangan cip.

"Kita masih harus membangun sistemnya terlebih dahulu. Jadi sistem untuk cip itu kita akan membuat dan melakukan migrasi. Kita masih dari tahap pengembangan sistem terlebih dulu," kata Direktur Consumer Banking Danamon Michellina Triwardhany di Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Sebelumnya, BI meminta seluruh perbankan nasional melakukan migrasi dari kartu debit magnetic stripe ke kartu debit berteknologi cip. Tujuannya untuk meminimalkan terjadinya fraud dalam transaksi kartu debit.

BI menargetkan pemakaian cip pada kartu debit harus segera dilakukan pada 1 Januari 2016. Bank Danamon pun, kata Michellina akan menargetkan proses migrasi selesai pada tahun 2016.

"Semuanya memang harus migrasi. Kita harapkan Danamon juga bisa selesai pada tahun 2016, karena tidak ada pilihan lain," ujarnya.

Lebih lanjut, Michellina mengatakan hingga saat ini kartu debit perseroan telah mencapai 2 juta kartu. Oleh karenanya, perseroan optimistis migrasi ke kartu kredit cip dapat dilakukan sesuai target yang dipatok BI.

"Kartu kredit sudah chip, jadi tinggal kartu debit. Saat ini sudah ada sekitar 2 juta kartu, ini harus selesai 2016. Kita tidak ada pilihan selain memenuhi karena BI sudah memberi tanggalnya. Software kami juga harus di-upgrade, bukan mesin ATM-nya," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com