ADB: Inflasi Maret yang Rendah Indikasikan Kebijakan Pemerintah Efektif

Kompas.com - 01/04/2014, 15:51 WIB
Ilustrasi: Salah satu komoditas penyumbang inflasi KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi: Salah satu komoditas penyumbang inflasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan angka inflasi bulanan Maret 2014 sebesar 0,08 persen. Angka inflasi bulan Maret ini tercatat lebih rendah dibandingkan angka inflasi bulan Februari 2014 sebesar 0,26 persen.

Deputy Country Director Asian Bank Development (ADB) untuk Indonesia Edimon Ginting memandang angka inflasi bulanan Maret tersebut merupakan angka yang baik.

"Inflasi 0,08 persen itu sangat rendah. Itu bagus sekali, saya senang mendengarnya," kata Edimon di Jakarta, Selasa (1/4/2014).

Untuk itu Edimon memandang angka inflasi Maret yang cenderung rendah tersebut merupakan gambaran dari kebijakan pemerintah yang telah dilakukan pada tahun 2013 dan awal tahun 2014.

Menurutnya, target inflasi 4,5 persen yang ditetapkan pemerintah dan Bank Indonesia (BI) pada akhir tahun 2014 akan sesuai target.

"Kan 3 bulan pertama tinggi. Kita lihat di Januari, lalu Februari. Tapi setelah itu akan menurun lagi di bulan-bulan berikutnya. Ya akhir tahun inflasi 4 sampai 5 persen bisa sesuai target," ujarnya.

Menurut Edimon, selama ini angka inflasi lebih banyak disumbang harga makanan. "Inflasi kan karena makanan. Kalau makanan dijaga, maka inflasi pasti on track," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, BPS melaporkan inflasi bulanan Maret 2014 sebesar 0,08 persen. Inflasi tahun kalender sebesar 1,41 persen, dan inflasi year on year sebesar 7,32 persen. Sementara itu inflasi komponen inti sebesar 0,21 persen dan inflasi komponen inti year on year sebesar 4,61 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X