RFID Belum Jalan, Pertamina Tolak Bayar Uang Muka ke PT Inti

Kompas.com - 02/04/2014, 11:02 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (persero) menegaskan pihaknya tak akan membayar uang muka ke PT Inti untuk pembangunan Radio Frequency Identification (RFID). Meski PT Inti kesulitan anggaran membangun RFID karena bahan bakunya impor, namun pihak Pertamina tak mau mengucurkan dananya terlebih dahulu.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Ali Mundakir menjelaskan, alasan pihaknya tak mau membayar uang muka untuk membantu PT Inti, karena tidak tercantum dalam kontrak legal.

"Pertamina saklek ya kan sistemnya, kalau sistem belum jalan saya belum bayar," ujar Ali di menara BRI, Rabu (2/4/2014).

Ali menjelaskan, prinsip Pertamina menggunakan kontrak sistem kontrak jasa. Dalam pelaksanaannya Pertamina akan membayar setiap liter BBM bersubsidi yang melewati sistem RFID yang dibangun PT Inti

"Dalam perjalanan diketahui PT Inti kesusahan karena ada penguatan nilai dollar AS," papar Ali.

Pihak Pertamina pun menegaskan tak bisa melanggar kontrak yang sudah disepakati kedua BUMN tersebut. Jika Pertamina memberikan uang muka, maka kontrak tersebut batal dijalankan. "Nggak bisa, kita jalani secara legal formal," ungkap Ali.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.