Pemerintah: Banyak yang Harus Diperbaiki dari Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 02/04/2014, 14:42 WIB
Tempat pengambilan bagasi penumpang di Bandara Soekarno Hatta KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENATempat pengambilan bagasi penumpang di Bandara Soekarno Hatta
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara internasional Soekarno-Hatta baru saja ditempatkan untuk kategori bandara dengan peningkatan pelayanan terbaik di dunia versi Skytrax.

Menteri Koordinator Perekonomi, Hatta Rajasa mengatakan pengelola bandara tersebut diminta untuk tidak cepat berpuas diri atas pencapaian itu. "Saya syukuri, mudah-mudahan penilaian itu cukup obyektif. Tetapi juga jangan berpuas diri, banyak yang harus diperbaiki di pelayanan Bandara Soekarno-Hatta," ujar Hatta Rajasa di Gedung Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Persoalan yang paling krusial di Bandara Soekarno-Hatta menurut Hatta adalah over kapasitas. Permasalahan tersebut menurutnya akan berdampak pada penurunan pelayanan kepada penumpang.

"Yang anda tahu, di Soekarno-Hatta itu over kapasitas. Bagaimanapun kalau bandara over kapasitas tentu pelayanan menjadi menurun. Itu tentu menjadi tantangan, tidak hanya pelayanan namun juga keselamatan dan keamanan," katanya.

Oleh sebab itu, peningkatan pelayanan bandara merupakan hal yang sangat penting, karena jika sampai pelayanan bandara terganggu, maka puluhan juta penumpang akan mengalami masalah besar.

Selain pelayanan, Hatta juga mengatakan bahwa bandara memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian. Namun kontribusi tersebut tidak bisa dilihat hanya dari pendapatan bandara, namun harus dilihat sebagai urat nadi ekonomi nasional.

"Kontribusi besar sekali. Anda tidak bisa mengukur hanya dengan pendapatan, dalam hal ini Angkasa Pura II memberikan dividen, tetapi yang utama ini urat nadi ekonomi kita karena bukan hanya penumpang tetapi juga kelancaran arus barang," tandasnya.

Sebelumnya, Skytrax mengumumkan The World's Most Improved Airport 2014. Bandara Soekarno-Hatta menempati peringkat empat dalam jajaran bandara dengan peningkatan pelayanan terbaik di dunia.

Penilaian tersebut didapatkan dari hasil survei terhadap 12,85 juta penumpang pesawat dari 110 negara berbeda.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X