Kompas.com - 02/04/2014, 15:17 WIB
Dave Ulrich KOMPAS/HERU SRI KUMORODave Ulrich
EditorErlangga Djumena

In an increasingly changing world, there has never been a greater need to identify what HR professionals must be, know, do and deliver to contribute more fully to their organisations
~ HR from Outside-In

Siapa yang tidak mengenal Dave Ulrich? Seorang Profesor, Penulis, Pembicara dan Konsultan di bidang pengembangan SDM yang sudah banyak sekali menghasilkan buku-buku “wajib” bagi profesional di bidang SDM di seluruh dunia. Prof. Ulrich yang juga adalah seorang pengajar di Ross School of Business, University of Michigan dan co-founder the RBL Group yang merupakan mitra global GML Performance Consulting, merupakan salah satu The Most Influential Person in HR yang pernah ada.

Buku-buku yang dihasilkan oleh Ulrich, mulai dari HR Champions sampai dengan buku yang terbaru HR from the Outside-In ini selalu memperkenalkan konsep-konsep baru di bidang pengembangan SDM yang mendorong perkembangan bidang SDM untuk semakin tangguh dalam mendukung organisasi atau perusahaan.  

Dalam buku HR Champions,  Ulrich membahas mengenai bagaimana SDM bangkit dari fungsi yang didominasi dengan tugas-tugas administratif untuk menjadi agen perubahan dan partner strategis organisasi.  Konsep yang diperkenalkan di tahun 1997 ini sudah menjadi acuan wajib seluruh pelaku pengembangan SDM dalam membentuk kapabilitas profesional di bidang SDM.

Sejak itu,  Ulrich sudah banyak mengeluarkan karya-karya lain di bidang pengembangan SDM, misalnya HR Scorecard, HR Value Proposition dan HR Transformation yang terus mendorong perkembangan dan perbaikan di dunia pengembangan SDM ke arah yang lebih baik, terutama dalam tema besar mendorong agar SDM lebih berperan strategik dalam mendorong penciptaan daya saing organisasi / perusahaan. 

Konsep-konsep seperti HR as strategis business partner, mulai dikemukakan dan mengarahkan SDM untuk berperan aktif dalam penetapan strategi organisasi / perusahaan, termasuk dalam proses pengambilan keputusan bisnis, seperti ekspansi, merger, akuisisi dan lain-lain.  Proses pengambilan keputusan strategik  yang selama ini tidak banyak melibatkan SDM.

Namun konsep-konsep yang dimuat di dalam buku-buku sebelumnya terasa masih kurang karena Prof. Ulrich lebih banyak memperkenalkan konsep-konsep yang menjelaskan mengapa fungsi SDM penting di dalam organisasi. 

Oleh karena itu, di buku HR from the Outside-In,  Ulrich lebih fokus untuk mengupas fungsi SDM dari aspek memperkenalkan enam kompetensi yang wajib dimiliki oleh profesional di bidang SDM dan bagaimana mengembangkannya, berdasarkan riset yang dilakukan selama 25 tahun terakhir terhadap lebih dari 20.000 profesional SDM di seluruh dunia. 

Keenam kompetensi tersebut adalah: Strategic Positioner, Credible Activist, Capability Builder, Change Champion, HR Innovator & Integrator, Technology Proponent. Keenam kompetensi ini diharapkan menjadi panduan bagi profesional di bidang SDM untuk semakin berperan dalam menghadapi tantangan bisnis global guna menciptakan nilai tambah untuk mendukung bisnis yang berkesinambungan.

Terkait hal itu,  GML Performance Consulting mengundang Ulrich untuk datang ke Indonesia dan membahas bersama-sama tren pengembangan SDM, terutama bagaimana SDM dapat menjadi “driver” yang semakin kontributif dalam pengembangan organisasi. 

"Hasil karya Ulrich selalu menarik untuk dikupas dan dicermati karena selalu membawa nuansa yang luar biasa menarik bagi pelaku dan pemerhati pengembangan SDM di industri apapun," sebut VP HR GML Performance Consulting Handoko Said.

Ulrich, sebutnya, akan memberikan seminar dalam rangkaian acara Mega Workshop: HR from the Outside-In yang akan diadakan di tanggal 28 - 29 April 2014.

"Kesempatan untuk berdiskusi dengan Prof. Ulrich yang diranking sebagai Management Educator & Guru #1 (BusinessWeek) dan juga terpilih sebagai The Most Influential Person in HR (HR Magazine) selama 3 tahun berturut-turut merupakan kesempatan yang sangat berharga dan tidak boleh dilewatkan," ucap dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X