Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKF: Tak Tertutup Kemungkinan Harga BBM Naik Tahun Ini

Kompas.com - 03/04/2014, 07:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan menyatakan tidak tertutup kemungkinan pemerintah akan kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada tahun 2014. Ini lantaran konsumsi BBM yang terus meningkat, sementara produksi dalam negeri stagnan, sehingga menyebabkan impor BBM kian besar. Besarnya impor migas ini membebani defisit transaksi berjalan.

Kepala BKF Andin Hadiyanto mengatakan, kenaikan harga BBM efektif menyelamatkan kondisi fiskal Indonesia. Kenaikan harga BBM, lanjutnya, biasa dilakukan negara-negara yang melakukan reformasi energi dan dilakukan secara konsisten.

"Tidak menutup kemungkinan, mungkin saja (menaikkan harga BBM). Jadi namanya reformasi subsidi di berbagai negara berkembang, pasti harus konsisiten dan terukur, tidak bisa sporadis. Jadi kita harus bikin roadmap-nya dulu," kata Andin di Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Lebih lanjut, Andin mengungkapkan, konsumsi BBM yang tinggi tidak diimbangi dengan produksi minyak yang memadai. Bahkan, produksi minyak ke depan diperkirakan akan terus menurun.

"Cadangan minyak Indonesia tinggal 4 miliar barrel. Kalau kita dengan konsumsi saat ini mungkin akan habis sekitar tidak sampai 15 sampai 20 tahun lagi. Memang memerlukan langkah-langkah isu ketehanan energi," ungkap dia.

Guna mengurangi ketergantungan subsidi BBM, ujar Andin, pemerintah akan terus melakukan reformasi energi dengan peningkatan penggunaan energi ramah lingkungan. Selain itu, dilakukan pula pembatasan penggunaan BBM bersubsidi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com