Kompas.com - 03/04/2014, 11:53 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Permintaan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sejalan dengan peningkatan permintaan tersebut, klaim asuransi kendaraan bermotor pun ikut naik secara signifikan.

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatat premi bruto lini usaha asuransi kendaraan bermotor pada tahun 2013 mencapai Rp 13,43 triliun, tumbuh 15,9 persen dibanding tahun 2012 yang tercatat sebesar Rp 11,59 triliun. Adapun klaim bruto tercatat Rp 6,31 triliun, tumbuh 24,4 persen dibandingkan tahun 2012 yang mencapai Rp 5,07 triliun.

"Tren klaim asuransi kendaraan bermotor trennya terus meningkat. Jumlah kendaraan bermotor kan meningkat dari tahun ke tahun, klaim meningkat sejalan dengan itu," kata Ketua Departemen Statistik, Informasi, dan Analisa AAUI Dadang Sukresna di Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif AAUI Julian Noor menambahkan, salah satu faktor penyebab peningkatan klaim asuransi kendaraan bermotor lantaran naiknya harga suku cadang (spare part) akibat pelemahan nilai tukar rupiah.

"Sebagian spare part berasal dari komponen impor. Ketika terjadi penyesuaian kurs, otomatis harus dihitung juga apresiasi harga perbaikan. Beberapa saat lalu produsen dan dealer kendaraan bermotor menyesuaikan harga kendaraan karena penyesuaian kurs. Ini berkaitan juga dengan klaim," jelas Julian.

Namun demikian, Julian mengaku secara umum kenaikan premi dan klaim lini asuransi kendaraan bermotor tetap proporsional. Lini bisnis asuransi tersebut disebutnya masih menguntungkan bagi industri asuransi umum.

Asuransi kendaraan bermotor pun tetap merupakan pangsa pasar terbesar bagi industri. AAUU mencatat pada tahun 2013 lini usaha asuransi kendaraan bermotor menyumbang 28,7 persen pangsa pasar asuransi umum. Adapun kontribusi klaim tercatat sebesar 34,55 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X