Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adhi Karya Siapkan Rute Monorel yang Terintegrasi

Kompas.com - 03/04/2014, 19:07 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya Tbk menyiapkan tiga rute monorel dengan panjang lintasan mencapai 40 km. Rute-rute tersebut akan terintegrasi dengan moda transportasi lain.

"Kami ingin ada sinergi dengan moda transportasi lain seperti busway atau kereta api," ujar Kunjung Setyabrata, Kepala Divisi Tranportasi dan Power Adhi Karya di Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Sistem integrasi Monorel juga akan dibarengi dengan pembangunan properti di sekitar rute yang dilalui. Kunjung berharap konsep sinergi antara penyelenggaraan monorel dan pembangunan properti tersebut bisa saling menguntungkan.

"Dengan adanya konsep Integrated Monorel-Property Development, diharapkan akan meningkatkan minat orang menggunakan monorel dan disisi lain akan meningkatkan value dari pengembangan properti tersebut," katanya.

Rute Monorail yang dibangun Adhi Karya akan memperhitungkan besarnya mobilitas masyarakat. Oleh karen itu Adhi Karya sudah melakukan studi jalur dan menetapkan tiga rute yaitu Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Kuningan.

"Kami sudah melakukan studi jalur, dan jalur yang paling penting itu dari tempat tinggal ke tempat bisnis. Jalur paling besar (arus mobilitasnya) itu dari arah Bekasi dan Cibubur ke arah cawang, Jadi rutenya ada 3 yaitu Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Kuningan," kata Kunjung.

Sebelumnya, pemegang saham Adhi Karya sudah menyetujui perseroan menjadi pengelola monorel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com