Adhi Karya Siapkan Rute Monorel yang Terintegrasi

Kompas.com - 03/04/2014, 19:07 WIB
Denah jalur monorel Jakarta (kiri) dan monorel buatan dalam negeri di Cibitung, Bekasi. KOMPASDenah jalur monorel Jakarta (kiri) dan monorel buatan dalam negeri di Cibitung, Bekasi.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya Tbk menyiapkan tiga rute monorel dengan panjang lintasan mencapai 40 km. Rute-rute tersebut akan terintegrasi dengan moda transportasi lain.

"Kami ingin ada sinergi dengan moda transportasi lain seperti busway atau kereta api," ujar Kunjung Setyabrata, Kepala Divisi Tranportasi dan Power Adhi Karya di Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Sistem integrasi Monorel juga akan dibarengi dengan pembangunan properti di sekitar rute yang dilalui. Kunjung berharap konsep sinergi antara penyelenggaraan monorel dan pembangunan properti tersebut bisa saling menguntungkan.

"Dengan adanya konsep Integrated Monorel-Property Development, diharapkan akan meningkatkan minat orang menggunakan monorel dan disisi lain akan meningkatkan value dari pengembangan properti tersebut," katanya.

Rute Monorail yang dibangun Adhi Karya akan memperhitungkan besarnya mobilitas masyarakat. Oleh karen itu Adhi Karya sudah melakukan studi jalur dan menetapkan tiga rute yaitu Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Kuningan.

"Kami sudah melakukan studi jalur, dan jalur yang paling penting itu dari tempat tinggal ke tempat bisnis. Jalur paling besar (arus mobilitasnya) itu dari arah Bekasi dan Cibubur ke arah cawang, Jadi rutenya ada 3 yaitu Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang, dan Cawang-Kuningan," kata Kunjung.

Sebelumnya, pemegang saham Adhi Karya sudah menyetujui perseroan menjadi pengelola monorel.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X