Telkom Targetkan Bisa Ekspansi ke 10 Negara pada 2015

Kompas.com - 04/04/2014, 19:14 WIB
Ilustrasi: Perakitan Compact Mobile Base Transceiver atau BTS mobile Telkomsel di sekitar Bundaran Hotel Indonesia beberapa waktu lalu. Kompas/Heru Sri KumoroIlustrasi: Perakitan Compact Mobile Base Transceiver atau BTS mobile Telkomsel di sekitar Bundaran Hotel Indonesia beberapa waktu lalu.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk berencana melebarkan sayap bisnisnya ke 10 negara. Ekspansi itu akan dilakukan secara bertahap.

"Hal yang penting dari rapat tadi juga mengenai ekspansi internasional, target kami 10 negara, dan sampai saat ini sudah tujuh negara yaitu Singapura, Hong Kong, Timor Leste, Australia, Myanmar, Malaysia, dan Amerika Serikat," ujar Arief Yahya, Direktur Utama Telkom, Jumat (4/4/2014).

Target ekspansi yang dicanangkan Telkom akan dilakukan secara bertahap kebeberapa negara. Menurut Arief, rencananya baru pada 2015 target pelebaran sayap bisnis telkom ke 10 negara bisa tercapai.

"Sampai saat ini sudah tujuh negara, pada 2014 mudah-mudahan bisa 8 sampai 9 negara, sehingga pada 2015 sudah mencapai 10 negara," kata Arief.

Selain melebarkan sayap bisnis ke berbagai negara, Telkom juga melakukan perluasan infrastruktur broadband dalam program Indonesia Digital Network 2014. Itu dilakukan antara lain dengan membangun segmen-segmen jaringan pada Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) untuk mewujudkan 75.000 km serat optik di seluruh Indonesia.

Selain itu perseroan juga menyiapkan 10 juta true broadband access dan pembangunan data center menjadi 70.000 meter persegi di beberapa lokasi potensial.

Sebelumnya, pada tahun 2013, pendapatan Telkom tercatat tumbuh 7,5 persen mencapai Rp82,9 triliun. Sementara itu laba bersih tercatat sebesar 14,2 triliun atau tumbuh 10,5 persen dari laba bersih tahun 2013.

EBITDA tercatat tumbuh 8,6 persen sebesar Rp 43,6 triliun. Kenaikan laba Telkom tersebut didapatkan dari pusat-pusat pertumbuhan bisnis perseroan. Pelanggan broadband menyumbang pertumbuhan 45,4 persen menjadi 27,8 juta pelanggan. Sedangkan pelanggan selurer tumbuh 5,1 persen menjadi 131,5 juta pelanggan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X