Kompas.com - 07/04/2014, 08:02 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Persiapan dan pelaksanaan pemilihan umum atau Pemilu pekan ini akan menjadi katalis utama pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan, sepanjang pekan ini. Sentimen global dari Amerika Serikat pun patut diperhatikan sebagai penanda arah arus modal investor asing.

IHSG menutup pekan lalu dengan penurunan 33 poin (0,68 persen) ke level 4.857. Namun IHSG selama sepekan kemarin menguat 89,67 poin (1,88 persen), lebih tinggi dari pekan sebelumnya yang naik 68,06 poin (1,45 persen).

Investor asing, meskipun mencatat penjualan bersih di akhir pekan lalu, masih tercatat membeli bersih sebesar Rp 4 triliun. Jumlah itu lebih besar dari pekan sebelumnya senilai Rp 1,99 triliun.

Dari global, setelah seminggu lalu indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 89,65 poin (0,55 persen), pekan ini DJIA diperkirakan akan kembali berfluktuatif karena minggu ini adalah awal rilis Laporan Keuangan emiten kuartal pertama.

Menurut riset MNC Securities, laporan itu menjadi justifikasi apakah DJIA akan berlanjut naik atau turun. Pekan ini juga akan dilakukan dan diumumkan hasil pertemuan FOMC Minutes The Federal Reserve.

Sumber fluktuasi akan berasal dari dalam negeri yakni Pemilu Legislatif di mana dua hari menjelang Pileg, IHSG diperkirakan cenderung turun karena isu paling besar adalah ketersediaan logistik di seluruh TPS yang jumlahnya lebih 500.000 dan tersebar di 33 provinsi dan ratusan kabupaten/kota.

Setelah itu pelaksanaan Pemilu pada Rabu (9/4/2014). Melalui Quick Count diketahui partai politik mana yang menjadi pemenang pemilu legislatif serta memperoleh suara terbanyak.

Partai politik dengan perolehan suara lebih dari 20 persen total suara, berhak mengajukan capres & cawapres sendiri. Parpol mana saja yang akan berkoalisi jika perolehan suaranya di bawah 20 persen menarik ditunggu.

Pada Kamis (10/4/2014) dan Jumat (11/4/2014), MNC Securities memperkirakan ES IHSG berpeluang menguat. Hal itu tidak memedulikan partai politik apa yang memimpin perolehan suara. "Sekurang-kurangnya salah satu sumber ketidakpastian bagi pasar sudah berkurang," sebutnya.

Hari ini rentang indeks diperkirakan di level 4.805-4.892. Saham-saham pilihan adalah TLKM, BJBR, ASII, AALI, INCO dan LSIP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.