Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Bagikan Dividen Rp 2,9 Triliun

Kompas.com - 07/04/2014, 14:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Central Asia Tbk menyetujui membagikan dividen sebesar total Rp 2,9 triliun atau Rp 120 per saham.

Rapat memutuskan pembayaran dividen untuk tahun 2013 dengan ketentuan bahwa dividen tersebut termasuk dividen interim yang telah dibagikan pada 17 Desember 2013 sebesar Rp 45 per saham. Dengan demikian, sisa dividen yang akan dibagikan sebesar Rp 75 per saham.

"Kalau dividen kita sepakat yang lalu interim kan sudah Rp 45. Finalnya menjadi tambahan Rp 75. Jadi total semua Rp 120. Kira-kira 20,7 persen dari profit. Itu Rp 2,9 triliun kurang lebih," kata Presiden Direktur BCa Jahja Setiaatmadja seusai RUPST di Jakarta, Senin (7/4/2014).

Jahja mengaku terjadi penurunan persentase pembagian dividen, hal itu lantaran perseroan ingin memperkuat permodalan.

"Untuk menambah modal. Kita kan butuh peningkatan modal untuk persiapan Basel III. Untuk Basel III kan butuh modal yang lebih tinggi," ujar Jahja.

Lebih lanjut Jahja memaparkan rasio kecukupan modal perseroan (CAR) tahun 2013 lalu mencapai 15,74 persen dan pada bulan Januari ini mengalami peningkatan.

"Januari ini sudah 17 persen lebih. Naik karena kan CAR itu kalau Januari profit tahun lalu 50 persen langsung jadi laba. Di awal tahyn jadi sudah 17 persen lebih. Kalau kredit tumbuh cuma 15 persen, saya kira CAR akan bertambah," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com