Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keamanan Jadi Pertimbangan Utama Berinvestasi

Kompas.com - 10/04/2014, 11:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Berinvestasi memang memiliki segudang manfaat untuk masa mendatang. Akan tetapi, berinvestasi bukan berarti tanpa pertimbangan. Ada beberapa pertimbangan utama nasabah sebelum menginvestasikan dananya.

"Keamanan atau terkendalinya risiko menjadi pertimbangan utama nasabah dalam berinvestasi. Risiko yang dimaksud tentu saja risiko kerugian atau penyalahgunaan minimum," kata Chief Marketing Officer AXA Indonesia Emmanuel Wehry di Jakarta, Kamis (10/4/2014).

Selain keamanan, faktor pertimbangan utama lainnya adalah institusi. Sebelum berinvestasi, nasabah akan mempertimbangkan apakah institusi penyedia investasi adalah institusi ternama dan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, likuiditas pun menjadi pertimbangan utama.

Nasabah akan mempertimbangkan faktor kemudahan pencairan dana untuk keperluan darurat sebelum menanamkan dana untuk diinvestasikan. "Investasi aman, didukung oleh institusi ternama, dan kemudahan pencairan dana bila diperlukan merupakan tiga hal yang menjadi pertimbangan utama sebelum melakukan investasi," ujar Wehry.

Nasabah, kata Wehry, biasanya mengharapkan pengembalian dana yang bagus atas investasinya. Selain itu, mereka juga biasanya menginginkan ada jaminan bagi pengembalian dananya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com