Keamanan Jadi Pertimbangan Utama Berinvestasi

Kompas.com - 10/04/2014, 11:56 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Berinvestasi memang memiliki segudang manfaat untuk masa mendatang. Akan tetapi, berinvestasi bukan berarti tanpa pertimbangan. Ada beberapa pertimbangan utama nasabah sebelum menginvestasikan dananya.

"Keamanan atau terkendalinya risiko menjadi pertimbangan utama nasabah dalam berinvestasi. Risiko yang dimaksud tentu saja risiko kerugian atau penyalahgunaan minimum," kata Chief Marketing Officer AXA Indonesia Emmanuel Wehry di Jakarta, Kamis (10/4/2014).

Selain keamanan, faktor pertimbangan utama lainnya adalah institusi. Sebelum berinvestasi, nasabah akan mempertimbangkan apakah institusi penyedia investasi adalah institusi ternama dan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, likuiditas pun menjadi pertimbangan utama.

Nasabah akan mempertimbangkan faktor kemudahan pencairan dana untuk keperluan darurat sebelum menanamkan dana untuk diinvestasikan. "Investasi aman, didukung oleh institusi ternama, dan kemudahan pencairan dana bila diperlukan merupakan tiga hal yang menjadi pertimbangan utama sebelum melakukan investasi," ujar Wehry.

Nasabah, kata Wehry, biasanya mengharapkan pengembalian dana yang bagus atas investasinya. Selain itu, mereka juga biasanya menginginkan ada jaminan bagi pengembalian dananya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X