Produsen Daging Babi Kejar Target Rekor IPO Rp 55 T

Kompas.com - 11/04/2014, 10:09 WIB
Ilustrasi aktivitas di bursa saham.  KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi aktivitas di bursa saham.
|
EditorPalupi Annisa Auliani

HONGKONG, KOMPAS.com - Produsen daging babi Cina, WH Group, memasang target meraup dana lebih dari 5 miliar dollar AS, setara lebih dari Rp 55 triliun, dari penawaran saham perdana (IPO). Mereka berencana menjual saham perdana itu di bursa Hongkong. Bila target tercapai, penjualan saham perusahaan babi ini akan membuat satu lagi rekor IPO.

"Ini salah satu (penawaran) terbesar dunia. Layak perhatian," kata Wakil Presiden Tanrich Securities Jackson Wong kepada AFP. WH Groups, perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan nama Shuanghui International Holdings ini, akan menjual 3,6 miliar lembar saham dengan nilai indikatif antara 8-11,25 dollar Hongkong per lembar.

Berbasis di Henan, perusahaan ini akan menjadi salah satu pemecah rekor penawaran perdana saham untuk setahun terakhir bila targetnya tercapai. Seperti dikutip dari AFP, IPO terbesar global terakhir kali dicatatkan oleh perusahaan Brasil bernama BB Seguridade Participacoes SA yang meraup 5,7 miliar dollar AS dari IPO pada April 2013.

Lagi-lagi bila target tercapai, IPO produsen daging babi ini akan menjadi yang terbesar pula untuk penawaran saham perdana lewat bursa Hongkong. Terakhir kali, IPO terbesar di bursa tersebut dicatatkan untuk saham perdana milik perusahaan asuransi AIA yang pada 2010 yang mencatatkan nilai 20,5 miliar dollar AS.

Dow Jones Newswires, sebagaimana dikutip AFP, menyebutkan saham WH Group rencananya akan terdaftar di bursa paling lambat pada 30 April 2014. Perusahaan ini merupakan produsen babi terbesar di dunia dengan keterlibatan sejak dari produksi, penyembelihan, hingga distribusi daging yang menjadi salah satu bahan masakan China.

Pada tahun lalu, WH Groups membeli perusahaan raksasa Amerika Serikat, Smithfield Foods, dengan kesepakatan multi-miliar dollar AS. Kesepakatan tersebut menjadi akuisisi terbesar yang dilakukan perusahaan China atas perusahaan Amerika Serikat, dengan nilai 7,1 miliar dollar AS, setara hampir Rp 80 triliun.

WH Groups juga merupakan pemegang saham perusahaan Spanyol, Campofrio Food, berdasarkan keterangan dalam laman situsnya. Sebagian saham WH Groups dimiliki Goldman Sachs dan perusahaan investasi Singapura, Temasek. Bila permintaan saham marak, mereka masih mungkin menambah 20 persen lembar saham untuk dilego, dengan total nilai IPO pun bisa naik menjadi setidaknya 6,37 miliar dollar AS.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X