Beberapa Perusahaan Kakap Siap Melantai di BEI

Kompas.com - 11/04/2014, 14:08 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan diketahui tengah bersiap masuk Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui penawaran perdana saham (IPO). Total penjaringan dana dari perusahaan yang akan menjadi pendatang baru di bursa itu diperkirakan mencapai di atas Rp 7 triliun.

Direktur Utama Kresna Securities, Michael Steven mengatakan, ada sekitar tujuh perusahaan yang tengah dipersiapkan untuk mencatatkan sahamnya di BEI. Sayangnya, dia belum mau mengungkapkan identitas perusahaan yang ditanganinya itu.

Namun, sektor usahanya antara lain properti, minyak dan gas (migas), dan perusahaan pengolah dan pemurnian (smelter) produk pertambangan. Perusahaan smelter ini diperkirakan akan menjadi salah satu perusahaan yang memiliki nilai emisi besar.

Adapun, perusahaan yang dimaksud adalah PT Indosmelt. Perusahaan ini memerlukan dana investasi mencapai 500 juta dollar AS. Namun, Michael belum bisa memastikan berapa dana yang akan dijaring dari IPO.

Selanjutnya, perusahaan migas. Nilai aset perusahaan yang namanya masih dirahasiakan ini mencapai 500 juta dollar AS. Perusahaan ini merupakan bagian dari grup yang memiliki bisnis beragam, mulai dari properti hingga energi. Total nilai aset grup perusahaan itu mencapai 1 miliar dollar AS.

"Nilai IPO perusahaan migas itu mungkin bisa Rp 1 triliun sampai Rp 2 triliun," ujar Michael, Jumat (11/4/2014).

Kabarnya, Kresna juga akan menangani IPO rumah sakit Mitra Keluarga. Namun, Michael belum mau terang-terangan mengenai hal ini. Lebih lanjut, ia berharap, semua perusahaan yang tengah bersiap itu bisa meluncur ke papan pencatatan BEI tahun ini, termasuk Indosmelt.

"Mungkin akan pakai buku Juni 2014, karena kalau Maret 2014 tidak keburu," kata dia. Dengan demikian, di semester II-2014 calon emiten baru ini sudah menjadi penghuni BEI. Ia memperkirakan, yang akan mendarat di BEI terlebih dahulu adalah perusahaan properti. (Amailia Putri Hasniawati, Narita Indrastiti)



Sumber Kontan
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X