Nilai Tukar Rupiah Membaik, Harga Tiket Pesawat Bisa Turun

Kompas.com - 14/04/2014, 15:31 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian perhubungan mengevaluasi kembali besaran kenaikan harga tiket penumpang pesawat kelas ekonomi angkutan udara, menyusul membaiknya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Setelah rupiah relatif menguat sejak Maret lalu, biaya fuel surcharge untuk tiket pesawat kelas ekonomi belum turun hingga evaluasi dari Kemenhub selesai dilakukan.

“Sedang dievaluasi per tiga bulan. Kalau memang diperlukan atau tidak kita lihat, karena harga fuel juga naik, bukan rupiah saja (yang turun),” ujar Herry Bakti, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub di Jakarta, Senin (14/4/2014).

Kenaikan fuel surcharge terbagi menjadi dua, yakni untuk pesawat jenis jet, dan pesawat jenis turbo prop (baling-baling). Pesawat jet dengan jarak rute rata-rata 664 km, dikenai tambahan Rp 60.000 untuk jam pertama. Sementara itu, surcharge jam kedua besar Rp 60.000 dikalikan 0,95, dan jam ketiga dikalikan 0,90.

Adapun surcharge untuk pesawat turbo prop atau baling-baling sebesar Rp 50.000, pada jam pertama dengan rata-rata jarak 348 km. Pada jam kedua, besaran surcharge dikalikan 0,90, dan pada jam ketiga dikalikan 0,85.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 2 tahun 2014 tentang Besaran Biaya Tambahan Tarif Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal dalam Negeri.

Naiknya tambahan biaya (surcharge) akibat kenaikan harga avtur dan melemahnya rupiah terhadap dollar AS yang sempat menembus Rp 12.200 per dollar AS pada bulan Februari lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.