Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI Harap Lebih Banyak Perbankan Syariah Melantai di Bursa

Kompas.com - 15/04/2014, 13:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pengembangan Bisnis Bursa Efek Indonesia (BEI) Friderica Widyasari Dewi mengatakan pihaknya mendorong industri keuangan syariah dapat melantai di bursa.

"Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, perusahaan-perusahaan harus mencatatkan sahamnya di BEI, supaya lebih kompetitif. Pencatatan saham di BEI tidak hanya bermanfaat secara finansial," kata Kiki, sapaan akrab Friderica, Selasa (15/4/2014).

Secara khusus, Kiki menyebut perbankan syariah pun harus mencatatkan sahamnya di BEI. Selain untuk mendorong size perusahaan, pencatatan saham di bursa juga dapat meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik alias good corporate governance (GCG).

"Untuk berkembang lebih kompetitif, kita yakinkan perbankan syariah untuk dapat mencatatkan sahamnya di bursa. Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, ini potensi besar untuk pasar modal syariah," ujar Kiki.

Dia mengungkapkan, pasar modal syariah sangat potensial untuk dapat dikembangkan di Indonesia. Saat ini banyak investor asing yang bertanya apakah pasar modal Indonesia memadai untuk syariah.

"Itu biggest concern mereka, apakah memadai untuk syariah atau tidak. Kita konsultasi ke ulama, dan membuat focus group discussion. Kita lakukan beberapa upaya untuk mengembangkan pasar modal syariah di Indonesia," jelas Kiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com