Kompas.com - 16/04/2014, 09:57 WIB
Pelayanan nasabah BTN KONTAN/ BaihakiPelayanan nasabah BTN
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) pada perdagangan pagi hari ini melesat seiring dengan kabar bahwa bank tersebut akan dicaplok PT Bank Mandiri Tbk.

Pada pukul 09.41, saham bank yang berkode BBTN ini naik hingga 11,81 persen di posisi Rp 1.420 per saham. Bahkan, sesaat setelah pasar dibuka, saham BTN sempat menyentuh level Rp 1.500 per saham atau naik 15,33 persen dari penutupan hari sebelumnya Rp 1.270 per saham.

Sebelumnya diberitakan, Kementrian BUMN akan menyerahkan BTN kepada Bank Mandiri. Rencana itu akan diputuskan pada rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang dijadwalkan pada Mei.

Sementara itu mengutip Kontan, ada surat dari Kementerian BUMN yang tertanggal 11 April 2014 itu diteken langsung oleh Gatot Trihargo, Deputi Bidang Usaha Jasa Kementerian BUMN dan ditujukan kepada Direktur Utama BTN.

Dalam surat itu disebutkan bahwa Pemerintah meminta pelaksanaan agenda RUPSLB mengenai perubahan pemegang saham BTN. Bank Mandiri akan mememiliki saham dwiwarna yang ada di BTN.

Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama Bank Mandiri saat dikonfirmasi tidak menyangkal ataupun membenarkan. "Kami sedang menunggu arah pemegang saham terlebih dahulu," ujar dia.

Yang menarik, Mandiri menguasai BTN dengan obligasi rekapitulasi (rekap). "Mandiri akan menggantikan saham dwiwarna di BTN pakai obligasi rekap, dengan mekanisme penyertaan modal. Mekanisme ini cukup diputuskan di RUPS, tidak perlu dewan perwakilan rakyat (DPR)," jelas si sumber.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X