Turun, Bank Danamon "Hanya" Raup Laba Rp 875 Miliar

Kompas.com - 16/04/2014, 16:57 WIB
Bank Danamon TRIBUNNEWS/HERUDINBank Danamon
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk melaporkan laba bersih perseroan pada kuartal I 2014 mencapai Rp 875 miliar. Adapun pertumbuhan kredit mencapai 16 persen menjadi Rp 136 triliun.

"Pertumbuhan kredit Danamon mencerminkan perekonomian yang stabil. Tekanan inflasi sudah mereda, sementara variabel ekonomi lainnya masih sesuai dengan ekspektasi, sejalan dengan proses pemulihan pada negara-negara maju," kata Direktur Utama Bank Danamon Henry Ho di Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Laba perseroan tersebut melambat sebesar 16 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni mencapai Rp 1,035 triliun. Adapun pada kuartal I tahun 2012 laba perseroan mencapai Rp 1 triliun.

Menurut Direktur Bank Danamon Vera Eve Lim, perlambatan pendapatan bersih perseroan tersebut lantaran beban bunga mengalami peningkatan sebesar 51 persen. Akan tetapi, ia memprediksi perlambatan tersebut diperkirkirakan hanya akan terjadi di kuartal I tahun ini dan tidak akan berlanjut ke kuartal berikutnya.

"Pendanaan kami full impact peningkatan bunga BI Rate belum sepenuhnya kita sesuaikan ke cost of fund (tabungan, giro, deposito), jadi dampak tidak di kuartal IV tahun lalu justru paling utama di kuartal I di awal tahun ini," ujar Vera.

Untuk mencegah kembali terjadinya perlambatan laba, perseroan akan menaikkan tingkat suku bunga kredit di beberapa sektor, seperti kredit Usaha Kecil Menengah (UKM) dan korporasi. Adapun kenaikan suku bunga kredit bervariasi, berkisar 1,00 basis poin hingga 1,50 basis poin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X