Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdagangan Awal pekan, IHSG Dibuka Lanjutkan Penguatan

Kompas.com - 21/04/2014, 09:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pekan ini dibuka menguat, meskipun Wall Street dan sebagian bursa di kawasan Asia Pasifik bergerak variatif.

Setelah tujuh menit perdagangan dibuka, IHSG menguat 0,32 persen atau 15,78 poin di posisi 4.912,83. Pada pembukaan perdagangan hari ini, terdapat 100 saham yang diperdagangkan menguat, sedangkan hanya 26 saham melemah dan 72 saham yang stagnan.

Investor asing terihat mulai banyak yang melakukan belanja di lantai bursa, sehingga indeks terapresiasi pada sesi pembukaan hari ini. Saham-saham yang memberikan turnover positif terbesar adalah SILO (Rp 10.850), LPKR (Rp 1.120), ASII (Rp 7.925), LPPF (Rp 15.175), dan INCO (Rp 3.585).

Indeks Nikkei pada pembukaan pagi hari ini menguat 0,23 persen di posisi 14.549,45. Sementara itu, bursa di Australia, Hong Kong dan Selandia Baru hari ini tutup karena libur nasional.

Sebelumnya, sejumlah analis menyebutkan fokus investor kini tertuju pada rilis kinerja triwulan pertama perusahaan tercatat (emiten). Di sisi lain, aliran dana asing dan pergerakan nilai tukar rupiah juga akan mempengaruhi kinerja IHSG pada perdagangan hari ini.

Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, IHSG diperdagangkan diatas EMA 200 hari. Indeks konsolidatif dengan kecenderungan menguat dan berhasil menutup gap di 4.906. Indikator RSI di zona overbought menunjukkan kecenderungan minat beli investor semakin menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com