Laba Facebook Melonjak 193 Persen Menjadi Rp 7,45 Triliun

Kompas.com - 24/04/2014, 14:30 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
EditorErlangga Djumena

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Kinerja Facebook kembali terbang di atas angin. Berkat kenaikan pendapatan iklan, perusahaan jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini mencatat kenaikan total pendapatan dan laba bersih.

Laba bersih Facebook mencapai 642 juta dollar AS (sekitar Rp 7,45 triliun dengan kurs 1 dollar AS = Rp 11.600) atau 25 dollar AS per saham di akhir kuartal I 2014. Pencapaian ini lebih tinggi 193 persen dibanding laba yang dikantongi perusahaan ini setahun sebelumnya yang sebesar 219 juta dollar AS atau 9 dollar AS per saham.

Tanpa pengeluaran tertentu, laba Facebook malah bisa mencapai 885 juta dollar AS atau 34 dollar AS per saham, berbanding 12 dollar AS per saham.

Pendapatan iklan di perangkat mobile, yang mencerminkan 59 persen total pendapatan, tumbuh 30 persen. Total, pendapatan Facebook tumbuh sampai 72 persen year on year menjadi 2,5 miliar dollar AS.

Facebook menginjeksi pesan dari pengiklan langsung pada newsfeed pengguna. Facebook memiliki 1,28 miliar pengguna di akhir Maret lalu.

Cara ini manjur diterapkan pada perangkat mobile berlayar kecil-menengah seperti smartphone dan tablet, sehingga berhasil mengangkat pendapatan Facebook yang sempat melempem.

"Perangkat mobile merupakan pendorong yang kuat bagi kami," kata Sheryl Sandberg, Chief Operating Officer. Facebook juga akan mencopot direktur keuangan (CFO) David Ebersman per September nanti.

Posisi Ebersman akan ditempati David Wehner, yang saat ini menduduki posisi wakil presiden untuk perencanaan keuangan dan bisnis korporat. (Sanny Cicilia)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.