Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan: Pupuk Jangan Disubsidi, Dana Subsidi untuk Petani

Kompas.com - 29/04/2014, 16:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengatakan, alokasi anggaran untuk subsidi pupuk pada tahun 2014 mencapai Rp 18 triliun. Adapun kebutuhan pupuk nasional mencapai 9,5 juta ton.

"Kebutuhan pupuk 9,5 juta ton, tetapi karena audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) ada kenaikan HPP (Harga Pokok Petani) produksi, jadi menjadikan volumenya turun jadi dananya tidak ditambah yaitu Rp 18 triliun. Kalau HPP lama bisa cover yang lama. Kekurangan ini akan dibahas di APBNP (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan)," kata Suswono di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Selasa (29/4/2014).

Suswono mengatakan, anggaran sebesar Rp 18 triliun tersebut seharusnya tidak digunakan untuk subsidi pupuk. "Pupuk mengikuti pasar. Bagaimana Rp 18 triliun itu diberikan untuk kompensasi petani, perbaikan irigasi dan jaminan harga dan petani tidak dirugikan," ujar dia.

Lebih lanjut, Suswono mengatakan, pihaknya akan menghitung marjin harga pupuk dan menjamin petani tidak dirugikan. 

"Petani tidak senang harga fluktuasi, senangnya harga stabil. Mudah-mudahan pemerintah yang baru bisa terapkan ini. Negara-negara lain sudah melakukan ini kok, pupuk tidak disubsidi," jelas Suswono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com