Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Modal Astra Diproyeksikan Tembus Rp 20 Triliun

Kompas.com - 29/04/2014, 17:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanja modal (capex)  PT Astra International Tbk (ASII) untuk tahun ini diperkirakan lebih tinggi dari ekspektasi awal, yaitu sebesar Rp 20 triliun untuk tahun ini. Jumlah tersebut naik dari perkiraan sebelumnya sekitar Rp 17,8 triliun.

"Capex akan mencapai Rp 20 triliun jika semua (ekspansi) terlaksana," ujar Prijono Sugiarto, Presiden Direktur ASII, Selasa (29/4).

Alokasi terbesar tetap pada segmen otomotif. Nilainya sekitar Rp 5 triliun. Angka ini di luar pengembangan pabrik. Adapun, pengembangan pabrik yang tidak terkonsolidasi nilainya mencapai Rp 7 triliun.

Sudirman Maman Rusdi, Direktur ASII menambahkan, tahun ini, pihaknya akan melakukan penambahan kapasitas produksi di Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Saat ini, total kapasitas keduanya sebesar 700.000 unit per tahun. Di pengujung tahun 2014, kapasitas produksi akan ditingkatkan menjadi 780.000 unit per tahun.

Kemudian, di sektor agribisnis, Astra menyiapkan dana belanja modal sebesar Rp 4,3 triliun dan Rp 3,5 triliun untuk divisi alat berat dan pertambangan. Nah, tahun ini, Astra menargetkan bisa menyelesaikan pembangunan jalan tol Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer (km).

"Infrastruktur ini memakan porsi sebesar Rp 2,5 triliun," kata Prijono.

Informasi saja, Astra menguasai 95 persen konsesi ruas tol yang diakuisisi pada 2011 ini. Jika pembangunan tol ini kelar, maka bersamaan dengan jalan tol Kunciran-Serpong, maka total jalan tol milik Astra mencapai 124,2 km.

Adapun, saham ruas tol Kunciran-Serpong yang memiliki panjang 11,2 km dikuasai Astra melalui PT Astratel Nusantara. Selanjutnya, sisa dana alokasi capex disebar untuk sektor binsis ASII lainnya, seperti divisi jasa keuangan serta divisi teknologi dan informasi. (Amailia Putri Hasniawati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com