Kompas.com - 29/04/2014, 17:52 WIB
CEO Astra International Prijono Sugiarto Kompas/Heru Sri KumoroCEO Astra International Prijono Sugiarto
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanja modal (capex)  PT Astra International Tbk (ASII) untuk tahun ini diperkirakan lebih tinggi dari ekspektasi awal, yaitu sebesar Rp 20 triliun untuk tahun ini. Jumlah tersebut naik dari perkiraan sebelumnya sekitar Rp 17,8 triliun.

"Capex akan mencapai Rp 20 triliun jika semua (ekspansi) terlaksana," ujar Prijono Sugiarto, Presiden Direktur ASII, Selasa (29/4).

Alokasi terbesar tetap pada segmen otomotif. Nilainya sekitar Rp 5 triliun. Angka ini di luar pengembangan pabrik. Adapun, pengembangan pabrik yang tidak terkonsolidasi nilainya mencapai Rp 7 triliun.

Sudirman Maman Rusdi, Direktur ASII menambahkan, tahun ini, pihaknya akan melakukan penambahan kapasitas produksi di Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Saat ini, total kapasitas keduanya sebesar 700.000 unit per tahun. Di pengujung tahun 2014, kapasitas produksi akan ditingkatkan menjadi 780.000 unit per tahun.

Kemudian, di sektor agribisnis, Astra menyiapkan dana belanja modal sebesar Rp 4,3 triliun dan Rp 3,5 triliun untuk divisi alat berat dan pertambangan. Nah, tahun ini, Astra menargetkan bisa menyelesaikan pembangunan jalan tol Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer (km).

"Infrastruktur ini memakan porsi sebesar Rp 2,5 triliun," kata Prijono.

Informasi saja, Astra menguasai 95 persen konsesi ruas tol yang diakuisisi pada 2011 ini. Jika pembangunan tol ini kelar, maka bersamaan dengan jalan tol Kunciran-Serpong, maka total jalan tol milik Astra mencapai 124,2 km.

Adapun, saham ruas tol Kunciran-Serpong yang memiliki panjang 11,2 km dikuasai Astra melalui PT Astratel Nusantara. Selanjutnya, sisa dana alokasi capex disebar untuk sektor binsis ASII lainnya, seperti divisi jasa keuangan serta divisi teknologi dan informasi. (Amailia Putri Hasniawati)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.