Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Berharap Buruh Ikut Menjaga Iklim Investasi

Kompas.com - 30/04/2014, 11:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Para buruh dari berbagai sektor industri akan menyuarakan aspirasinya saat peringatan Hari Buruh esok (1/5/2014). Mereka akan menyerukan berbagai tuntutan, namun dunia usaha berharap unjuk rasa para buruh dilakukan dengan damai.

"Saya kira selama demo-demo itu dilaksanakan dalam suasana yang positif, yang tertib saya kira itu sah-sah saja. Kita dari dunia usaha hanya mengharapkan agar itu semua dilaksanakan dalam situasi yang penuh dengan persahabatan, tidak perlu ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, kerusuhan atau hal-hal yang bisa mengganggu kenyamanan bagi masyarakat," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Lebih lanjut, Suryo mengungkapkan, seluruh pihak termasuk buruh harus memahami kondisi iklim investasi Indonesia saat ini. Indonesia, kata dia, saat ini sangat memikat bagi para investor. Sehingga, ia berharap tuntutan para buruh esok hari tak mengganggu dan mencoreng pesona Indonesia di mata para investor.

"Jadi tentunya kita harapkan bahwa kita bisa menjaga iklim investasi yang kondusif, yang ramah terhadap investor dan investasi. Jadi ini perlu kita jaga, karena anda semua mengetahui bahwa penciptaan lapangan kerja itu datangnya dari investasi. Jadi kita harus selalu menjaga agar arus investasi ini jangan terganggu," ujar dia.

Pesona Indonesia, ujar Suryo, terbukti dari data peningkatan investasi sepanjang tahun 2013 hingga kuartal I 2014. Ini membuktikan kepercayaan investor terhadap kelancaran aktivitas ekonomi yang dapat tercipta di Indonesia.

"Menurut data BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), pada kuartal I 2013 terdapat realisasi investasi sebesar Rp 93 triliun. Pada kuartal I tahun ini, ada investasi sebesar Rp 106,6 triliun," jelas Suryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com