Jane Lauder, Generasi Ketiga Kerajaan Bisnis Estee Lauder

Kompas.com - 01/05/2014, 10:52 WIB
Jane Lauder FORBESJane Lauder
EditorErlangga Djumena


KOMPAS.com —
Kaya raya pada usia muda adalah dambaan semua orang. Dua hal ini dialami Jane Lauder. Dia adalah pewaris takhta kerajaan bisnis kecantikan top sejagat raya. Siapa dia? Jane adalah cucu Josephine Esther Mentzer Lauder, pendiri kerajaan bisnis kosmetik Estee Lauder.

Sebagai pewaris takhta konglomerasi Estee Lauder, Jane menyabet predikat miliarder dunia mulai November 2013 lalu. Catatan Forbes, harta Jane sebesar 1,4 miliar dollar AS. Jane memperoleh harta berlimpah ini dari warisan sang ayah, Ronald Lauder.

Ronald, anak bungsu dari Estee Lauder, mentransfer 7,6 juta saham perusahaan ke tangan Jane pada November 2013. Dus, saat ini Jane memiliki total saham Estee Lauder sebanyak 20 juta saham. Kepemilikan saham ini menjadikan Jane miliarder terkaya ke-449 di Amerika Serikat (AS).

Kendati memiliki darah Lauder, bukan berarti Jane hanya bersantai. Selepas lulus dari Stanford University, Jane mengawali karier dengan bekerja di firma periklanan, Hal Riney & Partners.
Selepas dari Hal Riney & Partners, Jane memutuskan langsung mengabdi pada perusahaan sang nenek pada tahun 1996 silam.

Posisi perdana Jane adalah Account Executive di Clinique. Tugas Jane adalah mengelola merek Lord & Taylor. Selanjutnya, Jane menjadi tenaga pemasaran untuk merek Stila. Dua tahun kemudian, Jane mengurus merek BeautyBank. Di sini, naluri bisnis Jane mulai terlihat.

Jane menggagas dan meluncurkan merek produk kecantikan baru yakni American Beauty dan Flirt!

Sukses di BeautyBank, Jane kembali berlabuh ke merek populer Estee Lauder yakni Clinique. Pada tahun 2006, Jane menduduki posisi Senior Vice President Global Product Marketing Clinique.

Sejak tahun 2009 silam, Jane menggantikan sang ayah duduk di kursi direksi Estee Lauder. Posisi terakhir Jane adalah Global President merek Origins dan Ojon. Jane mengemban jabatan ini sejak Juli 2010. Salah satu bukti keberhasilan Jane adalah mentransformasi merek Origin dari keterpurukan.

Di bawah kepemimpinan Jane, produk kecantikan Origin kembali populer dengan tagline baru: “Powered by Nature. Proven by Science.” Salah satu kelebihan Jane dibandingkan saudara dan sepupunya dari keluarga Lauder adalah intuisi bisnis yang tajam.

Jane kerap memunculkan ide pemasaran yang inovatif. Ia juga memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Setidaknya ada dua sosok yang memengaruhi Jane. Pertama, sang ayah, Ronald Lauder. Selain tersohor sebagai pewaris bisnis Estee Lauder, Ronald juga terkenal sebagai politikus.

Tahun 1968 hingga 1983, Ronald turut membesarkan bisnis Estee Lauder. Namun, pada tahun 1983 pria lulusan The Wharton School, University of Pennsylvania, ini mengabdi di Pentagon dengan jabatan Deputy Assistant Secretary for Defense for European and NATO Affairs.

Selang tiga tahun, Ronald didapuk sebagai Duta Besar AS untuk Austria. Di luar Estee Lauder, Ronald juga mendirikan bisnis sendiri, yakni Central European Media Enterprises Ltd, perusahaan televisi yang berdiri sejak tahun 1994.

Ronald juga mendirikan RWL Water Group, perusahaan energi yang fokus pada pengolahan limbah dan air. Sosok kedua yang turut memengaruhi naluri bisnis Jane adalah suaminya, Kevin Maxwell Warsh.

Warsh adalah mantan anggota Dewan Gubernur Bank Sentral AS (The Fed) pada tahun 2006 hingga 2011. Warsh berkarier di The Fed pada usia 36 tahun. Keduanya bertemu saat berkuliah di Stanford. (Nina Dwiantika)



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X