Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pasar Bebas ASEAN, OJK Diminta Rancang "Roadmap" Perbankan

Kompas.com - 03/05/2014, 17:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dinilai perlu merancang peta jalan atau roadmap perbankan. Ini terkait Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan dimulai pada tahun 2015 dan 2020 khusus untuk sektor perbankan.

"Di roadmap itu harus mencantumkan aksi kendepannya mau apa, bentuk roadmap, harus disiapakan mulai dari sekarang. Kan enam tahun lagi MEA untuk perbankan, waktunya cepat itu," kata Ekonom Ryan Kiryanto dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (3/5/2014).

Lebih lanjut Ryan menjelaskan, pembuatan roadmap tersebut secara terperinci dapat berupa arah yang lebih jelas dalam hal konsolidasi perbankan dalam negeri. Menurut dia, konsolidasi dapat membesarkan size suatu bank, baik secara alami maupun market driven.

"Konsolidasi bisa dalam jalur merger maupun akuisisi. Itu keputusan finalnya antara pemegang saham. Konsolidasi sebuah keharusan, karena size perbankan Indonesia masih akan kalah dengan perbankan di negara Singapura, Malaysia dan Thailand," paparnya.

Ryan mendesak OJK untuk membuat roadmap khusus perbankan yang di dalamnya harus melakukan konsolidasi perbankan. Dengan konsolidasi, bank-bank kategori menengah ke bawah dapat melakuan perencanaan modal dengan kuat.

"Lalu bagaimana menguatkan modalnya? Bisa cara organik growth namun konsekuensinya membutuhkan waktu lama, kemudian dengan anorganik grotwh yakni merger atau akusisi. Bisa mengundang strategic investor walaupun nanti pemegang sahamnya terdilusi, itu tidak apa-apa, asalkan banknya lebih sehat. Ke depan, OJK dan asosiasi perbankan harus bentuk roadmap," jelas Ryan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com