Telkom Targetkan Jaringan "Broadband" di KTI Rampung Oktober

Kompas.com - 05/05/2014, 15:28 WIB
Kabel serat optik Picture-Alliance/DPAKabel serat optik
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia Tbk M Awaludin mengatakan saat ini perseroan tengah dalam tahap penyelesaian pembangunan infrastruktur broadband di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Proyek itu ditargetkan rampung pada Oktober 2014 mendatang. "Kami sedang gencar membangun infrastruktur. Kami akan selesaikan pembangunan infrastruktur broadband di Kawasan Timur Indonesia. Pada Oktober 2014 kita akan selesaikan 1 section Sulawesi, Maluku, dam Papua, sehingga saudara-saudara kita disana tidak ketinggalan karena konektivitas broadband sudah terhubung," kata Awal di Jakarta, Senin (5/5/2014).

Hingga saat ini perseroan masih merampungkan pembangunan infrastruktur tersebut. Adapun pembangunan telah dilakukan sejak tahun 2013 lalu. Penyelesaian section ini, kata dia, merupakan rangkaian dari beberapa program sebelumnya.

"Namanya Maluku Papua Cable System. Insya Allah (selesai) tahun ini, kita sih coba mempercepat. Oktober kalau bisa sudah selesai yang 1 section itu yang Maluku," jelas Awal.

Adapun bentuk jaringan broadband di KTI melingkar seperti sebuah cincin yang melintang dari utara hingga selatan. Adapun proyek yang akan diselesaikan tersebut adalah proyek lingkar utara yang berada di Maluku.

"Itu kan multi years project samppai 2015. Kita berusaha percepat karena waktu peresmian Bapak Menko Perekonomian minta. Ini kan juga sudah ditunggu juga. Apalagi sejak satelit Telkom3 kita gagal meluncur. Karena disana semua dicover satelit. Kekuarangan bandwidth karena masalah satelit bisa diatasi," paparnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X