Target Produksi CPO Tahun 2014 Naik Jadi 30 Juta Ton

Kompas.com - 06/05/2014, 14:34 WIB
Ilustrasi: Pekerja mengangkut biji tandan buah segar kelapa sawit ke atas truk usai dipanen di Desa Talun Kenas, Deliserdang, Sumut, beberapa waktu lalu. TRIBUN MEDAN/DEDY SINUHAJI Ilustrasi: Pekerja mengangkut biji tandan buah segar kelapa sawit ke atas truk usai dipanen di Desa Talun Kenas, Deliserdang, Sumut, beberapa waktu lalu.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyatakan target produksi crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah tahun ini naik jadi 30 juta ton.

Sekretaris Jenderal Gapki, Joko Supriyono mengatakan, Pulau Sumatera sudah mulai diguyur hujan. Sehingga, diharapkan ada peningkatan produktivitas, khususnya dari perusahaannya di bawah payung PT Astra Agro Lestari.

"Dampak elnino belum terlihat. Menurut saya akan terjadi dalam dua tahun ke depan. Tapi sementara ini hanya masa tanamnya saja yang mundur," imbuh Joko ditemui di sela-sela Forest Asia Summit 2014, di Jakarta, Selasa (6/5/2014).

Dari catatan Gapki, sepanjang 2013 lalu diprediksi produksi CPO dan turunannya mencapai 26 juta ton. Angka ini turun 1,9 persen dibandingkan dengan produksi tahun 2012 sebesar 26,5 juta ton.

Joko menambahkan, biasanya puncak produksi CPO akan terjadi pada kuartal ketiga tiap tahunnya. Dengan peningkatan target produksi CPO tahun ini artinya perusahaan kelapa sawit perlu melakukan ekspansi lahan perkebunan.

Namun demikian, untuk Astra Agro Lestari sendiri ekspansi tidak selalu membuka lahan baru. Dia mengatakan, ekspansi bisa dilakukan dengan jalan akuisisi. Namun, dia tak mau menjawab ketika ditanyakan adakah rencana akuisisi tahun ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X